Mematahkan Sembilan Mitos Teknologi

by -11 views

Mematahkan Sembilan Mitos Teknologi

Jatinangorku.com – Mac tidak bisa kena virus.

Makin besar resolusi kamera, makin baik.

Kabel mahal pasti lebih bagus. 

Mitos itu (dan banyak lagi!) adalah beberapa mitos paling umum seputar teknologi yang kita gunakan setiap hari. Mulai dari menghabiskan daya baterai sampai menghapus file dari komputer Anda, kami akan menjelaskan dan mematahkan beberapa mitos teknologi paling populer.

1. Anda harus menguras habis baterai ponsel Anda sebelum pengisian ulang.
Sudah jadi mitos bahwa cara terbaik untuk menjaga umur baterai laptop dan ponsel adalah dengan menggunakannya hingga kosong sama sekali sebelum pengisian ulang.

Hal itu tidak sepenuhnya salah. Kalau Anda menggunakan baterai Nickel-Cadmium, Anda harus menhabiskan baterai telepon Anda sepenuhnya sebelum pengisian ulang. Mengapa? Tak seperti baterai Lithium-Ion, baterai Nickel-Cadmium akan mengalami “efek memori”. Ketika mereka diisi dan dikosongkan ratusan kali, benda itu mulai kehilangan kemampuan untuk terisi hingga 100%, dan hal itu akan menguras umur baterai secara signifikan.

Barang elektronik yang kita pakai dahulu pernah menggunakan baterai Nickel-Cadmium. Telepon tanpa kabel dan mesin penjawab pada umumnya menggunakan baterai Nickel-Cadmium. Pada 2006, sebagian besar baterai NiCd diganti dengan teknologi yang menggunakan baterai Lithium-ion. Baterai ini ada pada semua perangkat Apple dan tak mengalami “efek memori” seperti pada baterai NiCd.

“Baterai polimer Lithium-ion memiliki kepadatan daya tinggi,” kata Apple di situsnya,” Anda juga dapat mengisi ulang baterai lithium-ion polimer kapan pun Anda mau, tanpa harus mengikuti siklus mengisi daya hingga penuh atau mengosongkan baterai.”

Namun Apple tetap menyarankan agar perangkat tersebut melewati setidaknya satu siklus pengosongan dan pengisian setiap bulannya untuk membantu menjaga agar elektron tetap bergerak (kebalikan dari baterai NiCd yang perlu melalui siklus pengosongan dan pengisian setiap beberapa hari). Menguras baterai perangkat dari 100 % hingga kosong 0 % membantu untuk mempertahankan umur baterai.

2. “Jailbreaking” itu ilegal.
Penting untuk dicatat bahwa jailbreaking dan unlocking perangkat sangat berbeda. Unlocking berarti Anda telah ‘membebaskan’ perangkat Anda untuk berfungi dengan operator mana pun, tidak hanya dengan operator yang pertama Anda beli, sedangkan jailbreaking mengacu pada menembus keamanan Apple untuk menginstal modifikasi yang tidak diperbolehkan di App Store.

US Library of Congress menyatakan bahwa tindakan meng-unlock telepon yang dibeli setelah 26 Januari 2013 menggunakan vendor pihak ketiga itu ilegal, tetapi jailbreaking iPhone Anda masih legal sampai setidaknya 2015 di bawah pengecualian dalam Digital Millennium Copyright Act ( DMCA). Namun jailbreaking untuk iPad dianggap ilegal.

3. Lebih banyak bar sinyal berarti layanan yang lebih baik.
Bar sinyal pada ponsel cerdas Anda sebenarnya menunjukkan kekuatan sinyal ke menara ponsel terdekat Anda. Layanan Anda bergantung pada berapa banyak perangkat yang dilayani menara tersebut pada waktu yang sama.

Wilayah metropolitan dilengkapi menara untuk menangani banyak orang yang mencoba untuk menggunakan ponsel mereka dalam satu ruang lingkup. Dalam situasi yang tidak terduga (katakanlah, sebuah festival musik yang dipenuhi banyak orang di satu lokasi), telepon Anda bisa menampilkan banyak bar, tapi tidak ada layanan yang tersedia, karena semua orang berusaha untuk memasuki satu menara seluler tersebut.

4. Semakin besar megapiksel, semakin baik kamera.
Jumlah megapixel pada kamera digital terbaru tampaknya terus meningkat setiap tahunnya, dengan beragam iklan yang membuat Anda gelisah karena informasi yang didapat seakan memaksa Anda untuk melakukan upgrade kamera dengan versi megapiksel yang lebih besar dan lebih baik dari kamera yang masih berfungsi baik milik Anda.

Semakin besar sebuah megapiksel berarti semakin tajam foto yang didapat, tetapi sering ada kesalahpahaman mengenai berapa besar megapiksel yang dibutuhkan untuk menghasilkan foto berkualitas yang dapat tampil baik di ponsel atau layar komputer. Untuk keperluan tersebut, ukuran foto tiga megapiksel sebenarnya sudah cukup, dan bahkan masih memungkinkan untuk melakukan cropping. Dengan tujuh megapiksel, Anda dapat menghasilkan foto hingga ukuran poster tanpa masalah yang berarti.

Untuk para fotografer amatir yang menggunakan perangkat point-and-shoot untuk menangkap momen biasa, semakin besar ukuran megapiksel tidak berarti merujuk pada semakin baiknya kamera yang dimiliki, atau hasil foto yang lebih baik.

5. Mengosongkan “recycle bin” berarti file Anda akan terhapus secara permanen.
Anda pasti berpikir bahwa dengan membuang file ke recycle bin, kemudian mengosongkannya maka file Anda akan terhapus secara permanen.

Tidak secepat itu. Menghapus sesuatu (file), dan kemudian menghapus lagi dari recycle bin, hanya membebaskan ruang yang diambil pada hard drive, meninggalkan sisa data (fragmented) yang secara teori data dapat dikembalikan.

Pada Mac, pilih “Secure Empty Trash” sebagai langkah terakhir dalam proses penghapusan. Pada PC, unduh program seperti SDelete, yang membantu untuk mengamankan semua data yang terhapus.

6. Private browsing membuat Anda tetap anonim.
Mengatur browser Anda ke mode incognito dipercaya agar browser tidak menyimpan informasi tentang situs yang Anda kunjungi atau apa yang Anda ketik saat mengunjungi situs tersebut, tapi itu tak berarti Anda mendapat kerahasiaan identitas pribadi. Kunjungan Anda masih dapat direkam, dan file yang Anda unduh ketika berada dalam incognito akan tetap berada di komputer, ponsel, atau tablet Anda.

7. Mencabut “flashdisk” dengan tidak benar akan menghapus semua data Anda.
Lebih baik mencari aman daripada menyesal. 

Jika Anda menggunakan flashdisk dan mencabutnya setelah semua file ditransfer, Anda masih bisa bernapas lega. Anda juga mungkin bisa saja tidak sengaja mencabut flashdisk ketika sedang mentransfer data, tapi hal tersebut bisa berujung pada risiko hilangnya data atau mengakibatkan sistem perangkat lunak tidak berjalan dengan baik.

Akan lebih baik jika Anda mencabut USB dengan langkah-langkah yang dianjurkan (safe remove dengan mengeklik ikon drive eksternal di system tray PC), mengambil semua tindakan pencegahan untuk melindungi file serta data pekerjaan Anda.

8. Mac tidak akan terinfeksi virus.
Mac dapat terinfeksi oleh virus. Sampai beberapa tahun yang lalu, Windows adalah sistem operasi yang paling umum digunakan. Kini, seiring dengan semakin banyaknya orang yang menggunakan Mac, mereka menjadi target virus yang lebih rentan.

“Sistem operasi OS X tidak rentan terhadap ribuan virus yang mengganggu komputer berbasis Windows,” kata Apple disitusnya.

Tapi Mac masih rentan terhadap virus yang dibuat untuk menargetkan produk dan sistem operasi Apple.

9. Kabel mahal lebih baik daripada yang murah.
Tahun lalu, MythBusters Jamie dan Adam menekankan bahwa tidak ada perbedaan antara kabel murah dan kabel mahal.

Perlu ditekankan, Anda tidak perlu membeli kabel mahal HDMI jika hanya digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Anda boleh saja mengeluarkan uang lebih untuk kabel dengan daya tahan yang lebih lama untuk kebutuhan pemasangan kabel secara permanen di dalam tembok atau langit-langit, tetapi Anda hanya akan menghambur-hamburkan uang jika mengeluarkan biaya ekstra hanya demi konektor berlapis emas dan sejenisnya.

Sumber : http://id.berita.yahoo.com