“Memeluk Jatigede ” Warnai Peringatan Hardiknas di Sumedang

by -106 views

Sebagai bagian dari upaya untuk lebih mencintai dan memiliki Waduk Jatigede, sebuah kegiatan yang diinisiasi jajaran Pemerintah Kabupaten Sumedang bertajuk ‘Memeluk Jatigede’ pun digelar dengan cara seluruh peserta bergandengan tangan mengitari bibir bendungan, Rabu, (2/5/2018).

Kegiatan yang diawali dengan pelaksanaan Upacara Hari Pendidikan Nasional tahun 2018 di area Helipad Kecamatan Jatigede tersebut, melibatkan seluruh unsur Forkopimda, ASN serta anggota PGRI dan para peserta didik dari berbagai jenjang, mulai dari tingkat SD, SMP hingga SMA.

Pjs Bupati Sumedang, H. Sumarwan Hadisoemarto seusai menjadi Inspektur Upacara Hardiknas 2018 di Jatigede menerangkan, acara Memeluk Jatigede yang dilaksanakan saat itu adalah sebagai upaya mengubah paradigma negatif yang berkembang di masyarakat, terkait dibangunnya bendungan.

“Saat ini, kita tidak bisa menutup mata apabila dibeberapa kelompok masyarakat, pembangunan bendungan ini (Jatigede) dipandang sebagai sebuah musibah,” terangnya.

Dengan demikian, lanjut dia, dengan dihelatnya acara Memeluk Jatigede, diharapkan akan mengubah mindset tersebut, sekaligus akan menumbuhkan kecintaan dan rasa memiliki terhadap Waduk Jatigede yang telah menjadi waduk terbesar kedua se-Asia tersebut.

“Semoga, melalui kegiatan ini juga kita dapat menggali seluruh potensi yang tersedia di sini (bendungan), sehingga hal itu akan memberikan kemanfaatan dan akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sumedang,” tandasnya.

Dalam pelaksanaannya, terdapat sebanyak enam titik kumpul massa tempat dilaksanakannya kegiatan, yaitu di lokasi Helipad Kec. Jatigede, Panenjoan, Tanjung Duriat, Puncak Damar, Jatibungur dan Tugu Wado, dengan pusat acara berada di Bendungan Jatigede/Helipad, dan melibatkan peserta keseluruhan diperkirakan berjumlah sebanyak 30 ribu orang di semua titik, dengan asumsi pada satu titik berjumlah 5 ribu orang peserta.

Sebelum dilakukan ‘pemelukan’ secara serentak di enam titik yang dipantau menggunakan media teleconference sehingga terjadi keserentakan dalam aksinya, pemencetan tombol sirine oleh Pjs Bupati Sumarwan bersama seluruh unsur Forkopimda juga menandai dimulainya gerakan peserta untuk Memeluk Jatigede.

Masih di hari yang sama, telah dilaksanakan pula Memorandum of Understanding (MoU) tentang Pengembangan Potensi Wana Wisata Dalam Kawasan Hutan antara Perum Perhutani KPH Sumedang dengan Pemerintah Kabupaten Sumedang, dimana Nota Kesepahaman saat itu ditandatangani oleh Pjs Bupati Sumedang, Sumarwan, dengan Noor Rochman sebagai Administratur Perum Perhutani/Kepala Kesatuan Pemangkuan Hutan Sumedang

 

 

 

Sumber : https://eljabar.com