Memprihatinkan, Mayoritas Bus di Sumedang Tak Layak Jalan

by -437 views

Jatinangorku.com – Sungguh memprihatinkan, mayoritas bus AKAP (antar kabupaten antar provinsi) dan AKDP (antar kabupaten dalam provinsi) yang bertolak dari Terminal Ciakar Kab.Sumedang, dinilai tidak laik jalan.

Berdasarkan keterangan yang berhasil diperoleh galamedianews.com, Rabu (10/6/2015), kondisi puluhan bus yang nota bene milik empat perusahaan otobis (PO) asal pribumi (Kab.Sumedang) itu diketahui setelah Tim Penguji Kendaraan Bermotor dari Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kab.Sumedang itu, melakukan pengecekan ke masing-masing pool PO.

Empat PO itu, adalah PO.Medal Sekarwangi, Bintang Sanepa, CBU, Andawuri/Purbaya. “Setiap menjelang Ramadan dan Lebaran, kami selalu rutin melakukan pengecekan kondisi fisik bus, langsung ke masing-masing poll PO yang ada diwilayah Kab.Sumedang,” kata Kepala Unit Pelaksana Dinas Teknis (UPTD) Dinas Perhubungan Kominikasi dan Informatika Kab.Sumedang Atep Rochimat didamping Juru Uji Kendaraan Rasija.

Menurutnya, hasil pengecekan terhadap kondisi fisik bus, sungguh mencengangkan, karena mayoritas bus, dinilai tidak laik jalan. Bahkan dari PO yang memiliki 50 unit bus, hanya 14 unit yang laik jalan.

“Pemilik PO, pada umumnya mengaku kesulitan memperoleh suku candang dengan alasan bus yang dimilikinya merupakan produk Eropa. Sehingga, suku cadangnya sulit atau sedikit beredar dipasaran. Kalaupun ada, harganya sangat mahal,” kata Atep.

Sumber : http://www.galamedianews.com/