Mendagri : Hadirkan Komunikasi Pemerintahan yang Dekat dengan Rakyat

by -19 views

 

 

JATINANGOR– Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo mengatakan ada kunci sukses bagaimana membangun pemerintahan yang modern yakni dilihat dari konteks model komunikasi yang digunakan.

Ia menjelaskan bahwa kemampuan komunikasi merupakan suatu cara untuk mencapai sebuah kesepahaman (mutual understanding). Hal ini disampaikannya dalam kuliah umum mengenai Komunikasi Pemerintahan Menghadirkan Pemerintahan Untuk Rakyat di depan mahasiswa Universitas Padjadjaran, hari ini, (13/4).

Ia pun mengatakan, salah satu strategi komunikasi untuk mencapai tujuan negara yakni membangun komunikasi yang egaliter, tidak bersekat, dan mau mendengar.

“Dalam konteks kepemerintahan, komunikasi pemerintahan tidak terlepas dari relasi antara yang diperintah dengan yang memerintah. Kemampuan dalam membangun komunikasi yang egaliter, tidak bersekat dan mau mendengar merupakan kunci sukses pemerintah modern,” ungkap Tjahjo.

Ia menambahkan, model komunikasi pemerintahan modern dapat dilihat dari cara membangun hubungan antara yang diperintah dengan yang memerintah.

“ Contohnya saat ini, Pak Presiden salah satu Best Practice model komunikasi pemerintahan modern, Pak Jokowi berhasil merombak citra pemerintah yang selama ini terkesan eksklusif dan kaku menjadi begitu fungsional dan tidak berjarak dengan rakyat,” jelasnya.