Mendagri Resmikan Rumah Sakit di IPDN

by

Kebun Emas 486 x 60

JATINANGOR (13/2) –

Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Jatinangor, Kab. Sumedang membuka rumah sakit (rumkit) umum instalasi gawat darurat. Rumkit yang bisa melayani masyarakat umum, selain para praja dan karyawan IPDN ini diresmikan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Gamawan Fauzi, Senin (11/3).

Dalam peresmian tersebut, Mendagri mengatakan, pembangunan rumkit umum sangat positif untuk pelayanan kesehatan masyarakat, khususnya di lingkungan kampus. Keberadaan rumkit menjadi bentuk kemajuan dan fasilitas penunjang pendidikan di IPDN.

Rektor IPDN, I Nyoman Sumaryadi mengatakan, rumkit terbuka untuk masyarakat umum. Bukan hanya bagi praja, pelayanannya pun difokuskan bagi masyarakat umum.

“Sebelumnya sudah ada rumkit yang lokasinya di belakang kampus IPDN, tetapi hanya untuk praja. Saat ini atas izin Mendagri, lokasinya didekatkan dengan masyarakat agar masyarakat juga bisa mengaksesnya,” katanya.

Ia menambahkan, fasilitas yang ada di rumkit IPDN, yakni instalasi gawat darurat (IGD) dan 50 tempat rawat inap. “IPDN berkomitmen, dalam rumit umum ini pelayanannya tidak akan membeda-bedakan kelas. Setiap warga bisa mengakses faslitas kesehatan di sini. Diharapkan seterusnya tidak ada pelayanan kesehatan di Rumah Sakit IPDN yang berbiaya mahal,” ujarnya.

Ia mengatakan, semua pasien tidak akan diperlakukan istimewa. “Insya Allah tidak ada penolakan untuk yang masuk ke rumkit IPDN,” katanya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Djoko Santoso mengatakan, rumit IPDN memiliki ciri khas tersendiri, yakni sebagai institusi pendidikan yang siap memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Institusi pendidikan yang lain tentunya memiliki ciri khas tersendiri juga. Tapi rumkit ini memang dirancang untuk keperluan IPDN dan masyarakat sekitar kampus,” kata Djoko.

sumber : klik-galamedia

Kebun Emas 486 x 60