Mengapa Berat Badan Pria Lebih Cepat Turun

by -19 views

Mengapa Berat Badan Pria Lebih Cepat Turun

Jatinangorku.com – Pernah nggak mengalami situasi di mana Anda dan pasangan Anda sama-sama diet, tapi dia lebih cepat progressnya dibanding Anda? Memang tubuh pria lebih cepat sekali turun berat badan. Padahal kalau dilihat-lihat, wanita lebih detail strategi dietnya dibanding pria.

Dilansir dari Dailymail, sebuah studi memang telah membuktikan bahwa pria biasanya lebih sukses diet dibanding wanita karena mereka lebih fokus dan tidak banyak pantangan makan terkait dengan jenis kelamin mereka. Dalam diet selama 12 minggu misalnya, seorang pria bisa menurunkan berat badan sebanyak hampir 7 kilo, sementara wanita hanya bisa menurunkan sekitar 5 kilo saja.

Menurut Slimming World, hal ini juga merupakan pengaruh dari kemampuan pria dalam mengabaikan godaan makanan dan tidak melakukan comfort eat, alias makan sesuatu yang membuat mereka nyaman saat dilanda masalah.

 

(c) dailymail.co.uk

(c) dailymail.co.uk

 

Hal ini berhubungan dengan genetika, kebiasaan dan otot maskulin yang dimiliki pria sehingga mampu mempercepat metabolisme. Dr. Jacquie Lavin mengatakan bahwa otak pria lebih solution-based. Sehingga ketika mereka memahami suatu rencana diet bisa mencapai keberhasilan, maka mereka akan akan melakukannya tanpa banyak tergoda dengan hal lain.

Sebaliknya pada wanita, lebih mudah terpengaruh oleh kondisi emosional. Sama halnya ketika stres melanda, emosi seorang wanita menyebabkan mereka ingin makan lebih banyak. Namun apabila mereka mendapatkan suntikan dukungan secara emosional yang baik pula, wanita bisa mengontrol keinginannya untuk makan sesuatu.

Potensi stres pada wanita seringkali menyabotase rencana dietnya. Namun Dr Jacqui Lavin menambahkan bahwa semua individu, baik itu pria maupun wanita, memiliki perbedaan kondisi masing-masing. Oleh karena itu, progres diet mereka mungkin juga tak akan sama. Hanya saja, secara garis besar, tubuh pria memang lebih mudah turun berat badan dibanding wanita.

Sumber : http://www.vemale.com