Mengejutkan, Persib Bandung Jadi Klub Terpopuler di Asia Versi AFC

by

Mengejutkan, Persib Bandung Jadi Klub Terpopuler di Asia Versi AFCPersib Bandung dinobatkan sebagai klub sepak bola paling popular di wilayah Asia oleh AFC atau Konfederasi Sepak Bola Asia. Popularitas Maung Bandung mengalahkan klub lainnya dari Malaysia, Thailand, Tiongkok, Korea Selatan, dan Jepang.

Berdasarkan rilis yang dikeluarkan oleh AFC, salah satu indikator dinobatkanya Persib menjadi klub paling popular dilihat dari jumlah pengikut (follower) di media sosial. Bahkan jumlah pengikut Persib di Facebook mencapai 9.5 juta pengikut dari berbagai penjuru dunia.

Media Officer Persib Bandung, Irfan Suryadiredja, Rabu 5 Juli 2017 mengatakan, dinobatkannya Persib sebagai klub paling popular di Asia, tidak terlepas dari peran bobotoh. Dia pun mengucapkan terima kasih, karena tanpa bobotoh, tidak mungkin Persib menjadi klub paling popular di Asia.

Saat ini Persib pun sudah memiliki rencana untuk berkembang lebih besar lagi. Manajemen Persib PT. Persib Bandung Bermartabat pun akan semakin meningkatkan kualitas infrastruktur yang ada.

“Kita terus berusaha meningkatkan kualitas dari seluruh aspek. Tidak hanya prestasi di atas lapangan tapi infrastruktur juga. Kita mempunyai planning yang cukup banyak demi membuat Persib semakin baik. Doakan agar semua rencana yang telah disusun bisa berjalan dengan baik,”katanya.

AFC menilai pertanyaan siapakah klub paling popular di Asia selalu menjadi perdebatan yang sangat menarik. Perdebata ini khususnya ada di tengah para suporter masing-masing klub. Untuk menilai hal tersebut, AFC melihat dari jumlah pengikut setiap klub di media sosial, mulai dari Twitter, Instagram, dan Facebook.

Di Iran, instagram menjadi media sosial yang paling banyak dilihat, dan Tehran Persepolis menjadi salah satu klub yang paling banyak pengikutnya di negara tersebut dengan 898 ribu pendukung yang selalu memantau pekembangan terkini timnya tersebut.

Rekor Persib tak terkalahkan

Penilaian AFC lainnya dilihat dari Facebook yang mendominasi di berbagai belahan dunia. Di Malaysia, Johor Darul Ta’zim menjadi klub teratas di Negeri Jiran dengan jumlah pengikut mencapai 1.8 juta orang.

Sementara mantan juara AFC, Muangthong United juga hanya menjadi yang terbesar pengikutnya di Thailand, dengan 2.2 juta orang. Di Twitter, Al-Ittihad menjadi tim terbaik untuk wilayah ASEAN hanya memiliki pengikut 2.37 orang.

Namun, pesaing utamanya Al-Hilal memiliki pengikut di Twitter jauh lebih banyak dengan jumlah 6.9 juta pengikut, dan menjadi klub paling disukai di Arab Saudi. Di Tiongkok, Guangzhou Evergrande memiliki 8 juta pengikut melalui jejaring sosial Weibo.

Namun, jumlah tersebut menurut AFC masih belum bisa mengalahkan rekor yang telah dicapai oleh Persib Bandung, dimana mereka memiliki 9.5 juta pengikut di Facebook. “Mungkin ini efek dari datangnya mantan bintang Chelsea dan Real Madrid Michael Essien, sehingga (mungkin) bisa dinobatkan sebagai klub paling popular di Asia,” tulis AFC di www.the-afc.com

Sumber : http://www.pikiran-rakyat.com