Mengenal Keragaman Batik Indonesia di Museum Batik

by -100 views
Mengenal Keragaman Batik Indonesia di Museum Batik
Mengenal Keragaman Batik Indonesia di Museum Batik

Mengenal Keragaman Batik Indonesia di Museum Batik

Jatinangorku.com – Bangga sekali, batik menjadi salah satu warisan budaya Indonesia yang banyak dipakai dan terus dilestarikan hingga hari ini. Banyak sekali ragam motif batik, dan batik tidak hanya dibuat di Yogyakarta. Ada beberapa pusat batik lainnya seperti Solo dan Pekalongan.

Untuk melestarikan batik dan menambah pengetahuan warga Indonesia tentang batik, ada beberapa museum batik yang bisa Anda kunjungi ladies. Tidak hanya wisatawan lokal, para turis asing juga banyak yang antusias untuk datang ke museum batik. Di dalam museum batik, ada banyak kain batik yang disimpan beserta cerita tentang filosofinya. Bila Anda berencana untuk menghabiskan akhir pekan dengan berjalan-jalan, Anda bisa mampir ke museum batik terdekat dari rumah Anda. Liburan sekaligus menambah pengetahuan, menyenangkan sekali bukan?

1. Museum Batik Yogyakarta

Museum Batik Yogyakarta terletak di Jl. Dr. Sutomo No. 13 A Yogyakarta. Lokasinya strategis dan buka dari pagi jam 9 hingga pukul 3 sore. Museum Batik Yogyakarta adalah salah satu museum batik tertua yang menyimpan koleksi batik tulis dan di sana juga diberikan penjelasan mengenai filosofinya.

 

Museum Batik | (c) quarterlifeventures.blogspot.com Museum Batik | (c) quarterlifeventures.blogspot.com

 

2. Museum Batik Keraton Yogyakarta

Berjalan-jalan ke keraton tidak lengkap rasanya bila tidak mampir ke salah satu ruangan yang menyimpan banyak batik ini. Di dalam Museum Batik Keraton Yogyakarta tersimpan koleksi batik yang digunakan dan dibuat oleh keluarga Keraton dari masa ke masa. Di dalam museum ini kita tidak diperbolehkan mengambil gambar. Namun kenangan dan pengetahuannya akan selalu tersimpan dalam ingatan.

3. Museum Batik Jakarta

Koleksi motif batik di Jakarta bisa kita lihat di dalam museum tekstil ladies. Di dalam museum tekstil tersimpan beranekaragam motif batik dan motif kain lainnya seperti songket dan jumputan. Museum Batik Jakarta beralamat di Jl. Aipda K.S Tubun No. 2 – 4 Jakarta Pusat. Bagi Anda yang tinggal di Jakarta, menghabiskan akhir pekan tidak perlu jauh-jauh ke luar kota karena di Jakarta saja ada museum tekstil yang isinya lengkap dan cantik.

4. Museum Batik Danar Hadi

Selain museum milik Pemerintah, Batik merek Danar Hadi juga memiliki museum batik. Bila Anda berjalan-jalan di kota Solo, Anda bisa menyempatkan datang ke Museum Batik Danar Hadi. Bangunannya bagus, koleksinya disimpan dengan rapi dan berkunjung ke sana tidak terasa berkunjung ke museum. Tertarik untuk datang ke Museum Batik Danar Hadi? ini dia alamatnya ladies Jl. Slamet Riyadi No. 261 Solo. Ssssst, jangan lewatkan kesempatan untuk datang ke museum cantik ini ya!

 

Museum Danar Hadi | (c) web danarhadiMuseum Danar Hadi | (c) web danarhadi

 

Jalan-jalan tidak harus bepergian ke luar negeri atau ke spot wisata yang biayanya mahal. Jalan-jalan ke museum batik bisa menjadi pilihan yang menarik dan menambah pengetahuan Anda

Sumber : http://www.vemale.com