Mengenal Lebih Dekat Calon Kepala Desa Cikeruh Jatinangor, H. Ade Rachmat

by -111 views
Mengenal Lebih Dekat Calon Kepala Desa Cikeruh Jatinangor, H Ade Rachmat
Mengenal Lebih Dekat Calon Kepala Desa Cikeruh Jatinangor, H Ade Rachmat

jatinangorku.com – Helatan pesta demokrasi Pemilihan Kepala Desa Cikeruh Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang akan segera digelar pada tanggal 27 Oktober 2021. Sebelumnya, dilakukan pengundian nomor urut untuk para calon kepala desa pada 11 Oktober 2021. Acara ini dihadiri oleh seluruh Panitia Pilkades, 5 calon Kepala Desa dan Forkopimcam diantaranya Camat Jatinangor, Kapolsek, Danramil, Ketua dan Anggota BPD, LPMD, serta tokoh masyarakat.

Letak Geografis Desa Cikeruh

Dilansir dari wikipedia, Desa Cikeruh merupakan salah satu dari 12 desa di Wilayah Kecamatan Jatinangor yang terletak 1 Km ke arah Selatan Dari kantor Kecamatan Jatinangor, dengan luas wilayah 164 ha Yang terdiri dari: Tanah darat/perumahan seluas 135 Ha Tanah sawah seluas 28 Ha Tanah kebun seluas 1 Ha.

Desa Cikeruh memiliki batas-batas wilayah sebagai berikut: Sebelah Utara : Desa Cileles kecamatan Jatinangor Sebelah Barat : Desa Sayang Kecamatan Jatinangor Sebelah Selatan : Desa Mekargalih Kecamatan Jatinangor Sebelah Timur : Desa Hegarmanah Kecamatan Jatinangor

Iklim Iklim di Desa Cikeruh sama seperti dengan desa-desa lain yang ada di Indonesia yaitu mempunyai musim Kemarau dan Musim Penghujan yang diantaranya ada Musim Pancaroba, hal tersebut mempunyai pengaruh langsung terhadap pola tanam yang ada di Desa Cikeruh Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang. Suhu udara rata-rata di Desa Cikeruh 230-270 C Banyaknya curah hujan 241 mm/Tahun.

Dukungan HADE Dari Masyarakat Desa Cikeruh

Nama calon kepala desa yang menarik perhatian masyarakat Cikeruh adalah H. Ade Rachmat. Beliau pernah mengemban amanah sebagai Kepala Desa Cikeruh Jatinangor dan dinilai sukses membangun Desa Cikeruh selama 2 periode, yaitu pada tahun 2003 sampai dengan 2008, dan tahun 2009 sampai dengan 2015. 

Ditemui di kediamannya, di Kampung Ciawi RT. 1/4 Desa Cikeruh Kec. Jatinangor Kab. Sumedang, Haji Ade, begitu panggilan akrabnya, mengungkapkan, “Pencalonan saya kembali sebagai Kepala Desa Cikeruh dikarenakan banyaknya dukungan dan dorongan dari masyarakat”.

“Dengan Visi, mewujudkan Desa Cikeruh HADE, Harmonis, Agamis, Dinamis, dan Edukatif, dengan semangat sinergi perubahan. Harmonis berarti keselerasan dalam pembangunan. Khususnya pembangunan di bidang pemerintahan, pembangunan kemasyarakatan, sosial budaya, pertanian, dan UMKM”, ujar Ade, yang mendapatkan nomor urut 3, pada pemilihan kepala Desa Cikeruh kali ini.

“Agamis merupakan sikap memiliki kepercayaan yang mendatangkan kehidupan teratur serta mendatangkan kesejahteraan dan keselamatan bagi masyarakat. Dimanis merupakan sikap yang bisa mengikut dan beradaptasi dengan perkembangan zaman, baik dibidang pengetahuan dan teknologi informasi.  Edukatif, artinya, sikap masyarakat untuk membina kepribadian sesuai dengan nilai-nilai di dalam masyakarat dan kebudayaan melalui pendidikan”, Ade manambahkan.

Beberapa masyarakat menyambut baik pencalonan H. Ade Rachmat sebagai kepala Desa Cikeruh. Menurut Drs. H. Dadang, salah satu tokoh warga Cikeruh, “Sosok Haji Ade yang sarat akan pengalaman, dinilai bisa membangun desa Cikeruh lebih baik dan maju lagi. Terbukti dengan kepemimpinan beliau pada tahun 2003 sampai 2015, berdampak positif bagi pembangunan di desa Cikeruh. Tercatat, di era kepemimpinan Haji Ade pada tahun 2005, sukses membangun Balai Desa Cikeruh yang lebih representatif dan fasilitas lainnya. 

“Kami dan warga Cikeruh lainnya sangat mendukung Haji Ade terpilih menjadi Kepala Desa Cikeruh, dan membawa Cikeruh lebih makmur dan sejahtera”, tutup H. Dadang.