Mengintip Jejaring Pertemanan Kita di Social Media

by
Di era social media seperti sekarang ini, masyarakat kita terutama yang di perkotaan, dipastikan hampir semuanya punya akun di Facebook, Twitter dan situs social media lainnya. Alasan punya akun di social media beragam, dari yang hanya ikut-ikutan agar tetap eksis, sarana untuk mengekespresikan diri, cari jodoh sampai cari pekerjaan. Semuanya sah-sah saja asalkan social media digunakan untuk kegiatan yang positif seperti mencari teman baru dan saling berbagi ilmu pengetahuan. Social media pada dasarnya adalah sebuah medium dimana kita bisa mempublikasikan berbagai macam konten seperti teks, foto, video, dan animasi. Namun, yang menjadi istimewa adalah di social media kita bisa saling terhubung dengan keluarga, saudara, dan teman kita. Sebutan teman di social media bisa berbeda, contohnya di Facebook teman kita disebut Friend, di Twitter disebut Follower, di YouTube disebut Subscriber, dan di Linkedin disebut Connection. Pada intinya semua sama, semua adalah akun atau profil lain yang telah terhubung dengan akun kita. Tapi, pernah kah anda membayangkan seperti apa gambaran jejaring pertemanan kita di Twitter? Pernah kah kita bertanya-tanya apabila teman kita yang berada jauh di luar negeri bisa saja juga berteman dengan teman kampus kita di Facebook? Bila iya maka bergembira lah karena ada alat / aplikasi yang memampukan kita untuk melihat atau memvisualisasikan jejaring pertemanan kita di social media seperti Facebook, Twitter, Youtube, dan Linkedin. Semua alat tersebut gratis dan bisa dipraktikan oleh anda sendiri, berikut ulasannya satu-persatu:

1. Facebook: Touchgraph

Untuk anda yang penasaran ingin melihat seperti apa bentuk jejaring pertemana sosial di Facebook, anda bisa menggunakan aplikasi dari Touchgraph yang diakses melalui http://www.touchgraph.com/facebook. Pastikan anda sudah login akun Facebook masing-masing dan pastikan juga computer anda sudah terinstalasi oleh teknologi Java 1.4. Bila kedua itu telah dilakukan, maka akan secara otomatis anda akan langsung dibawa ke sebuah aplikasi atau halaman khusus yang berisikan visualisasi jejaring pertemanan anda di Facebook. Mungkin akan membutuhkan waktu beberapa lama sampai akhirnya nanti akan keluar hasil dari visualisasi pertemanan anda di Facebook. Anda juga akan mengenali bahwa ada beberapa titik yang memiliki kesamaan warna. Itu artinya, mereka adalah anggota dari suatu grup atau komunitas. Grup tersebut bisa saja keluarga, teman sekolah dulu, teman kampus, atau bisa juga teman kantor. Silakan juga perhatikan bahwa ada seseorang termasuk di grup tertentu juga ternyata berteman dengan seseorang di grup pertemanan anda yang lain.

2. Twitter: Twiangulate

Bagi anda yang doyan ngetweet pasti ingin tahu bagaimana anda terhubung dengan keluarga, teman, atau dengan komunitas-komunitas yang anda follow di Twitter. Caranya bisa langsung kunjungi www.twiangulate.com dan pastikan tab yang berada diatas mengindikasikan reach. Kemudian masukan akun Twitter anda, dan ubah pengaturan table menjadi map sebelum klik retrieve untuk melakukan perintah visualisasi jejaring pertemananmu di Twitter. Bila berhasil maka akan keluar visualisasi jejaring sosial anda dengan 100 follower anda yang memiliki follower paling banyak diantara follower yang lain. Jadi visualisasi jejaring pertemanan tidak mencakup semua follower anda walau begitu kita bisa melihat bagaimana gambar jejaring dan follower penting anda terhubung.

3. YouTube: Yasiv

YouTube hingga saat ini merupakan situs media sosial yang paling terkenal untuk urusan berbagi video di internet. Alat visualisasi jejaring sosial yang ingin diperkenalkan tidak akan mencoba untuk memvisualisasikan pertemanan di YouTube tapi yang akan divisualisasikan adalah bagaimana antara video bisa saling terhubung karena mesin membaca kebiasaan kita untuk menonton video yang memiliki kemiripan isi. Silakan kunjungi www.yasiv.com/youtube dan masukan kata kunci video yang anda ingin tahu visualisasinya. Contohnya misal kita ingin tahu video-video apa saja yang memiliki kemiripan dengan video Shinta dan Jojo, maka kita akan masukan kata kunci Shinta dan Jojo. Setelah klik ‘Go’ maka akan muncul visualisasi video-video dari YouTube yang memiliki kemiripan dengan video dari Shinta dan Jojo. Video lainya yang tertangkap di visualisasi jejaring video juga bisa kita langsung nikmati dengan cara klik video tersebut.

4. Linkedin: Inmaps

Anda yang mungkin ingin mencari pekerjaan atau sedang membangun networking dengan sesama profesi lainnya pasti akan suka dengan alat visualisasi jejaring sosial yang satu ini. Linkedin sudah dikenal sebagai situs media sosial khusus untuk para professional atau pekerja. Banyak orang memiliki akun di Linkedin agar bisa mencari pekerjaan yang diinginkanya atau dilirik oleh departemen SDM pada sebuah perusahaan. Untuk itu, mudah-mudahan tool ini bisa membantu anda untuk membangun networking atau sekedar mencari kesempatan untuk bekerja di tempat yang selama ini anda idam-idamkan. Silakan kunjungi inmaps.linkedinlabs.com kemudian silakan login dengan akun kamu di Linkedin. Ijinkan aplikasi inmaps untuk mengambil data jejaring pertemanan anda dan mesin akan bekerja untuk memvisualisasikan jejaring pertemanan kamu di Linkedin. Setelah menunggu beberapa saat maka visualisasi jejaring pertemanan di Linkedin akan ditampilkan. Secara umum visualisasi akan mirip dengan visualisasi pertemanan di Facebook dengan menggunakan Touchgraph karena teman yang memiliki identitas sama akan dikelompokan dan diberi warna berbeda untuk membedakan dengan grup pertemanan lainya. Hal ini tentu akan memudahkan kita untuk mengidentifikasi siapa, dari mana, dan berteman dengan siapa saja di dalam jaringan pertemanan Linkedin kita.

Sumber : virtual.co.id