Menikmati Pesona Alam Curug Cigorobog

by -178 views

Menikmati Pesona Alam Curug Cigorobog

Menikmati Pesona Alam Curug Cigorobog

Jatinangorku.com – BERKUNJUNG dan menghabiskan akhir pekan di Sumedang mungkin tidak menjadi pilihan orang-orang. Di Kota Tahu ini, tidak ada tempat wisata yang begitu banyak dikenal orang.

Apalagi objek wisata buatan yang menyuguhkan arsitektur atau bangunan mewah modern seperti mal mewah, wisata air megah, atau gedung tinggi dan luas tempat wahana permainan. Anda memang tidak tepat jika berkunjung ke Sumedang untuk tujuan tersebut.

Tapi bagi yang haus dengan pemandangan dan keindahan alam, sejuknya pedesaan, dan rimbunnya pepohonan hutan, Sumedang bisa menjadi destinasi wisata Anda.

Desa Citengah, Kecamatan Sumedang Selatan mempunyai itu semua. Dari Alun-alun Sumedang, desa ini dapat ditempuh dengan kendaraan sekitar 1 jam lamanya.

Desa yang merupakan desa paling ujung di Kecamatan Sumedang Selatan ini juga menjadi salah satu wilayah pembatas dengan Kabupaten Garut. Para offroader sering menggunakan akses Jalan Cisoka, Citengah ini.

Objek wisata yang paling menarik di desa ini adalah Curug Cigorobog. Curug ini memiliki ketinggian 40 meter dengan tiga undakan. Setiap terasnya bisa digunakan untuk bermain-main air atau berendam.

Airnya yang deras sangat sejuk mengenai tubuh. Pada undakan terkahir, tebing curug ini bisa digunakan untuk olahraga panjat tebing dengan sistem pemanjatan basah.

Di bagian turunan air terakhir, ada sungai kecil yang juga masih bisa dinikmati aliran airnya untuk bermain-main. Di bagian ini, bisa dinikmati oleh anak-anak dengan pengawasan orang tua.

Curug ini dikelola oleh Kelompok Penggerak Pariwisata (Kompepar) Curug Cigorobog Desa Citengah, Kecamatan Sumedang Selatan yang berada di bawah pembinaan Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga (Disbuparpora) Sumedang.

Kompepar telah melakukan berbagai penataan di objek wisata ini di antaranya membangun jalan di dalam kawasan wisata, termasuk melengkapi sarana dan fasilitas umum lainnya. Kini tampilan objek wisata itu lebih nyaman dan bisa menjadi alternatif wisata keluarga.

Kepala Desa Citengah Ludi Zaenal mengatakan, curug ini sudah dikelola Kompepar sejak lama. Namun penataan baru dilakukan pada 2011 lalu dengan dana bantuan pemkan dan pemerintah pusat melalui Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM).

“Curug ini memang tidak untuk tujuan wisata minat khusus saja, tapi juga cocok untuk wisata keluarga karena sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas sehingga sangat nyaman,” kata Ludi.

Dengan tiket Rp2.000 saja, pengunjung sudah bisa menikmati kemegahan alam Sumedang berupa curug. Udara segar dan sejuknya air serta pemandangan yang indahnya tiada tara juga bisa dinikmati dengan biaya murah. 

Sumber : http://www.inilahkoran.com/