Menkop: Perajin Tahu-Tempe Sudah Kembali Pekerjakan Karyawannya

by -11 views

Menkop: Perajin Tahu-Tempe Sudah Kembali Pekerjakan Karyawannya

Jatinangorku.com – Menteri Koperasi dan UKM Sjarifuddin Hasan mengatakan perajin tahu dan tempe khususnya di kawasan Jl. Srikaya Utan Kayu, Jakarta Timur, sudah mempekerjakan kembali karyawan yang sempat diberhentikan lantaran lonjakan harga kedelai. 

“Pada saat pertama kali terjadi lonjakan harga kedelai, saya datang ke sini dan mendapati 50 persen karyawan dirumahkan,” kata Menteri Koperasi dan UKM Sjarifuddin Hasan di Jakarta, Jumat, saat meninjau perajin tahu tempe di kawasan Utan Kayu, Jakarta, Jumat. 

Menteri didampingi istrinya, anggota DPR RI Komisi VII yang juga artis, Inggrid Palupi Kansil. 

Sjarifuddin sendiri menyambut baik komitmen para perajin untuk mempekerjakan karyawannya kembali meskipun harga kedelai belum normal atau masih berkisar Rp9.500/kg. 

“Saya senang karena pada saat meninjau pertama kali ada karyawan yang dirumahkan, sekarang mereka sudah mulai berkerja kembali, ini bagus, saya ucapkan terima kasih kepada perajin,” katanya. 

Pemerintah, katanya telah membuat kebijakan untuk menyetabilkan harga kedelai yang sempat melonjak signifikan melalui berbagai cara. 

Khusus untuk perajin di kawasan itu, pihaknya mendorong Gabungan Koperasi Tahu Tempe Indonesia (GAKOPTI) sebagai salah satu pihak yang mendapatkan izin impor kedelai yang juga turut dalam kunjungan itu bisa menjual kedelai dengan harga khusus kepada para perajin di Utan Kayu. 

Gakopti sendiri sudah menyatakan sepakat untuk menjual kedelai kepada perajin di wilayah itu dengan harga Rp 8.400 ditambah ongkos transportasi Rp150/kg. 

“Nah ongkos transpor itu kan relatif kira-kira plus minusnya Rp150, jadi bisa diterima di sini Rp8.650,” katanya. 

Selain di Jakarta, Menteri juga akan meninjau perajin tahu tempe di wilayah lain. 

“Besok saya akan ke Semarang,” katanya. 

Ia berharap pihaknya mampu menjembatani kepentingan perajin dan importir agar harga kedelai bisa kembali normal

Sumber : http://id.berita.yahoo.com