Menpora RI Imam Nachrawi Meriahkan Mega Forsi Unpad

by -22 views

Menteri Pemuda dan Olahraga RI, H. Imam Nachrawi, berpartisipasi pada pertandingan sepak bola persahabatan memperkuat tim Universitas Padjadjaran melawan Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Jatinangor pada acara Mega Festival Olah Raga, Seni dan Edukasi (Forsi) Unpad di Lapangan Stadion Jati Padjadjaran Unpad Kampus Jatinangor, Sabtu (17/09).

Dalam pertandingan tersebut, tim Unpad juga diperkuat Direktur Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Ir Heryawan Kemal Mustafa, M.Sc., Dekan Fikom Unpad, Dr. Dadang Rahmat Hidayat, M.Si., Ketua Ikatan Alumni Unpad, Hikmat Kurnia, Kepala Biro Administrasi Akademik Unpad Drs. Sudarma, M.M., Ketua BEM Kema Unpad, Navajo Bima Hadisuwarno, serta perwakilan dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, dan staf Kemenpora.

Sementara dari pihak Muspika sendiri diperkuat oleh perwakilan pimpinan dan masyarakat dari 12 Desa di Kecamatan Jatinangor. Pertandingan tersebut juga dihadiri oleh Rektor Unpad, Prof. Tri Hanggono Achmad, Camat Jatinangor, M. Wasman Kapolsek Jatinangor, serta masyarakat umum di kecamatan Jatinangor.

Pertandingan tersebut berjalan selama 2 babak dan memakan waktu 90 menit. Pertandingan persahabatan ini dimenangkan oleh pihak Unpad dengan skor 3-2.

“Bagi saya ini sejarah, karena baru pertama kali saya bermain di lapangan hijau di Unpad,” komentar Imam.

Pertandingan persahabatan ini merupakan bagian dari rangkaian acara Mega Festival Olahraga, Seni, dan Edukasi (Forsi) Unpad tahun 2016 yang digelar Departemen Minat dan Bakat Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Keluarga Mahasiswa Unpad. Ketua pelaksana Mega Forsi 2016, Adrian Rizky, mengatakan kegiatan tahunan ini digelar dari 5 September hingga 25 Oktober mendatang

Mahasiswa prodi Kimia FMIPA Unpad ini menjelaskan, Mega Forsi Unpad 2016 ini terdiri dari tiga kategori lomba, yaitu olah raga, seni, dan edukasi yang diikuti oleh mahasiswa dari 16 Fakultas di Unpad. Berbeda dengan pelaksanaan Forsi sebelumnya, Forsi tahun ini memasukkan kategori keilmuan sebagai cabang perlombaan.

“Kita coba mewadahi semua minat bakat seluruh mahasiswa, bukan hanya olahraga dan seni, tetapi juga di bidang keilmuannya,” kata Adrian.

Cabang perlombaan olahraga terdiri dari 12 kategori, yaoitu sepak bola, futsal, bola voli, bola basket, tenis meja, badminton, wall climbing, dayung, E-Sport Dota, Renang, Lari 5K, dan catur. Sedangkan untuk cabang perlombaan seni juga terdiri dari 12 kategori, yaitu: band, musikalisasi puisi, solo vokal, vokal grup, seni lukis, fotografi, perkusi, tari tradisional, modern dance, teater, jingle, short movie. Adapun untuk cabang perlombaan edukasi terdiri dari 4 kategori lomba, yaitu Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), debat, pidato, dan esai. Selain perlombaan, Forsi juga akan diisi oleh pameran dan unjuk bakat dari berbagai UKM dan Komunitas di Unpad.

Lebih lanjut Adrian mengatakan, Mega Forsi ini juga menjadi ajang untuk menemukan berbagai bakat yang dimiliki mahasiswa Unpad.

“Diharapkan setelah Forsi, para pemenang lomba ini akan diikutsertakan di perlombaan tingkat daerah maupun nasional,” kata Adrian.*

sumber : www.unpad.ac.id