Menteri BUMN dan Gubernur Jabar Dapat Penghargaan, Anugerah Tertinggi Unpad

by -26 views

Menteri BUMN dan Gubernur Jabar Dapat Penghargaan, Anugerah Tertinggi Unpad

Jatinangorku.com – Menteri Badan Usaha Milik Negara, Dahlan Iskan dan Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan menerima penghargaan tertinggi dari Universitas Padjadjaran (Unpad), Anugrah Padjadjaran Utama pada acara Dies Natalis ke-56 Unpad di Aula Graha Sanusi, Rabu (11/9). Penghargaan diberikan kepada keduanya karena turut berkontribusi kepada pengembangan Unpad.

“Kita memberikan penghargaan ini karena Dahlan Iskan telah memberikan segala darmabaktinya kepada bangsa dan negara. Khususnya dalam mendorong kerja sama perguruan tinggi dengan BUMN. Atas fasilitasi Dahlan Iskan, Unpad diberikan penugasan untuk terlibat dalam pengembangan penelitian,” kata Rektor Unpad, Prof. Ganjar Kurnia.

Sejumlah penelitian yang telah dilakukan di antaranya pengembangan bahan baku obat seperti parasetamol, albumin, dan bahan eksipien yang bekerja sama dengan PT Kimia Farma.

Penghargaan juga diberikan kepada Ahmad Heryawan karena sebagai gubernur, ia telah mendorong pembangunan sumber daya manusia di Jabar, khususnya di bidang kesehatan.

“Di antaranya melalui program 1.000 bidan dan juga berbagai dukungan lain kepada Unpad,” tutur Ganjar.

Selain penghargaan tersebut, pada dies natalis kali ini Unpad juga memberikan Anugrah Mahaguru kepada Prof. Dr. Nurhalim Shabib atas kiprahnya dalam melakukan penelitian kesehatan yang berorientasi pada HaKI (hak kekayaan intelektual) dan paten serta publikasi di jurnal internasional.

Anugrah Satya Karya Bhakti Padjadjaran diberikan kepada almarhum Prof. Dr. Sulaeman Tirtawijaya yang semasa hidupnya dikenal sebagai tokoh peneliti utama Citrus Vein Ploem Degreneration (CVPD).

Sedangkan Anugrah Rumawat Padjadjaran diberikan kepada Majalah Mangle dan Wahyu Wibisana. Majalah Mangle mendapat penghargaan karena sejak 1957 telah menerbitkan majalah berbahasa Sunda.

Selain kepada para tokoh, Unpad juga memberikan penghargaan kepada mahasiswanya yang berprestasi dan mengharumkan nama Unpad. Penghargaan Satya Karya Adi Siswa Padjadjaran ini diberikan kepada Brata Kusuma Santoso (fakultas ekonomi bisnis), Anjati Parwito, Yanti Silviana, dan Ayu TRi Lestari Utami (FISIP), dan Muhammad Taufiq Sunyoto (fakultas ilmu budaya). 

Pada acara dies natalis tersebut juga digelar orasi ilmiah oleh Prof. Dr. Hj. Etty Roesmaryati, S.H., L.L.M. dengan judul “Aktualisasi Wawasan Nusantara Sebagai Wawasan Kewilayahan Melalui Prinsip Negara Kepulauan”.

Sumber : http://klik-galamedia.com/