Menyambut HUT Ke-203 Kota Bandung, Hari ini, Siswa Gratis Naik Bus DAMRI

by -38 views

Menyambut HUT Ke-203 Kota Bandung, Hari ini, Siswa Gratis Naik Bus DAMRI

Jatinangorku.com – Menyambut HUT ke-203 Kota Bandung, Perum DAMRI Cabang Bandung menggratiskan para siswa SD, SMP, dan SMA/SMK menggunakan bus kota di semua trayek di wilayah Bandung Raya, Rabu (25/9). Naik DAMRI gratis ini hanya berlaku untuk siswa dan tidak berlaku bagi mahasiswa.

Selain momennya berkaitan dengan HUT Kota Bandung, menurut General Manager (GM) Perum DAMRI Cabang Bandung, Drs. Sadiyo kepada “GM”, Selasa (24/9), langkah ini dilakukan sebagai bentuk tanggung jawab Perum DAMRI sebagai operator penyelenggara angkutan massal.

“Kita juga berharap melalui upaya-upaya semacam ini, bakal mampu menekan tingkat kecelakaan lalu lintas di jalanan. Selama ini berdasarkan data yang kita peroleh, cukup banyak siswa terutama pelajar SMA/SMK di wilayah Bandung Raya, yang menggunakan sepeda motor menuju ke sekolahnya,” katanya.

Tak kalah pentingnya, ujar Sadiyo, melalui kegiatan ini pihaknya ingin membantu program Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil dalam menyelenggarakan angkutan sekolah gratis.

Perum DAMRI juga, tambah Sadiyo, ingin membiasakan para siswa di wilayah Bandung menggunakan angkutan massal. Bila itu bisa diterapkan, kondisi ini setidaknya bakal mampu mengurangi kemacetan yang kerap terjadi di jalan-jalan di wilayah Kota Bandung.

Ia mengatakan, upaya penggratisan naik bus kota tersebut bukan sebagai bentuk pencitraan bagi DAMRI Cabang Bandung. Namun, semata-mata lebih kepada bentuk kepedulian Perum DAMRI kepada para siswa yang selama ini dinilai sudah mulai melupakan angkutan massal.

Mengenai teknis pelaksanaan, kata Sadiyo, para siswa tidak perlu membeli karcis DAMRI. Tapi cukup dengan mengenakan pakaian seragam sekolah, mereka bisa langsung naik bus kota dengan gratis tanpa dipungut bayaran.

Ia mengatakan, terdapat 13 trayek dalam kota di Bandung Raya yang bisa dimanfaatkan oleh para siswa. Ke-13 trayek tersebut meliputi Cicaheum-Cibeureum, Ledeng-Leuwipanjang, Dipati Ukur-Leuwipanjang, Cicaheum-Leuwipanjang, Cibiru-Kebonkalapa, Cibiru-Elang, Jatinangor-Elang, Dipati Ukur-Jatinangor, Tanjungsari-Kebonkalapa, Ciburuy-Alun-alun, dan Kota Baru Parahyangan-Alun-alun.

“Penerapan bus kota DAMRI gratis bagi para siswa ini hanya berlaku satu hari, yaitu bertepatan dengan HUT Kota Bandung yang jatuh pada Rabu, 25 September. Setelah itu, kita kembali menerapkan tarif seperti biasa,” ungkap Sadiyo.

Terkait pelayanan yang akan diberikan nantinya di lapangan, Sadiyo memohon maaf bila kenyataannya kurang optimal. “Yang jelas kita sudah berupaya untuk memberikan yang terbaik bagi siswa, namun bila ada kekurangan, kami dari manajemen Perum DAMRI Cabang Bandung memohon maaf,” ujarnya

Sumber : http://klik-galamedia.com