Merasa Diintimidasi Petugas Satpol PP, Pedagang Sumedang Ngadu ke Komnas HAM

by -54 views

Merasa Diintimidasi Petugas Satpol PP, Pedagang Sumedang Ngadu ke Komnas HAM

Jatinangorku.com – Belasan pedagang Pasar Sandang Sumedang, Jawa Barat mengadu ke Komnas HAM, Jakarta. Mereka mengadukan adanya intimidasi pihak pengembang pasar. 

“Kami ke sini mewakili ratusan pedagang lain untuk membuat pengaduan. Kami diintimidasi oleh Satpol PP yang dikerahkan Pemkab,” ujar salah satu pedagang, Setiawan di lokasi, Kamis (27/2/14). 

Setiawan menceritakan peristiwa intimidasi berawal saat pihak pengembang ingin merevitalisasi pasar yang biasa mereka gunakan mencari nafkah. Namun, revitalisasi tersebut dianggap melanggar kesepakatan yang sebelumnya dibuat. 

“Di Hak Guna Bangunan (HGB) masih sampai 2030 baru habis. Lah ini kok sudah seperti ini dan kami dipinta Rp 10-13 juta per meter. Udah gitu, kita mau dipindah ke tempat penampungan sementara yang sangat tidak layak,” katanya. 

Untuk itu, lanjut Setiawan, mereka rela berangkat dari Sumedang pagi tadi untuk melaporkan perihal intimidasi itu. “Semoga Komnas HAM bisa membantu kami,” harapnya. 

Sementara itu, kuasa hukum pedagang, Suhadi mengatakan pihak pasar tidak pernah membicarakan proses pemindahan dan revitalisasi. Padahal, awalnya semua berjalan dengan baik namun belakang malah terjadi intimidasi. 

“Sekarang kami masih mediasi dengan pihak pengembang,” katanya. 

Selain itu, mereka juga melakukan orasi di depan Komnas HAM. Mereka membawa spanduk yang berisi protes karena merasa diintimidasi. 

Pihak Komnas HAM sendiri mengaku akan mendalami pengaduan tersebut. Mereka akan mempelajari terlebih dahulu kasus yang sedang terjadi.

Sumber : http://www.klik-galamedia.com/