Mereka Memanfaatkan Situs Tertentu Waspadai Ulah Calo CPNS

by -9 views

Jatinangorku.com – Musim pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun ini banyak dimanfaatkan sejumlah oknum penjual soal. Pasalnya, penjualan soal tersebut dicantumkan di situs-situs internet.

Salah seorang calon pendaftar PNS, Santi (25), warga Desa Sukamulya, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung mengatakan, soal-soal yang dijual melalui media online tersebut bukan soal asli. Jika soal itu asli, maka pemerintah sudah bekerja sama dengan oknum penjual soal.

“Di internet banyak sekali iklan-iklan yang menawarkan soal-soal CPNS, tapi saya tidak percaya soal itu asli,” kata Santi kepada “GM” di Rancaekek, Minggu (7/9).

Meskipun soal tersebut asli, ia tetap tidak akan membelinya. Sebab menurutnya pasti ada sejumlah oknum yang memanfaatkan musim CPNS tahun ini.

“Mungkin itu doal-soal tahun lalu yang sudah jadi bangkai. Mereka memanfaatkannya kembali dan menjualnya,” terangnya.

Santi mengingatkan agar rekan-rekannya yang sudah mendaftar CPNS tidak mudah percaya pada oknum-oknum seperti itu. Mereka hanya ingin memanfaatkan momentum.

“Buat apa membeli soal seperti itu, sekarang ‘kan pemerintah menerapkan sistem Computer Assistant Test (CAT) dalam uji tesnya, intinya kami berdoa saja dan perbanyak ikhtiar,” jelasnya.

Hal senada diungkapkan Apin (25). Ia mengaku sudah mendaftar CPNS tahun ini di salah satu kementerian. Menurutnya, soal CPNS yang didagangkan sejumlah oknum tersebut merupakan soal CPNS palsu.

Dia tahu soal-soal itu palsu, tetapi karena penasaran tetap dibelinya seharga Rp 50 ribu dalam satu paket dengan cara mentransfer uang ke rekening yang dicantumkan di media online tersebut. Setelah itu, dia mengisi formulir dengan lengkap serta mencantumkan nomor telepon. Tidak lama kemudian ada balasan berupa alamat situs ke nomor telepon, beserta user name dan password.

“Setelah itu, saya masuk ke situs tersebut kemudian download soal CPNS berupa file PDF,” jelasnya.

Kendati soal itu palsu, Apin mengaku tidak menyesal. Soal yang diperolehnya itu dianggap sebagai bahan latihan untuk menghadapi ujian CPNS nanti.

Sumber : http://www.klik-galamedia.com/