Mortir Masih Aktif Di Garut, Sudah Diamankan Satbrimob Polda Jabar

by -58 views

Jatinangorku.com – Empat buah proyektil peluru aktif seberat 15 kilogram ditemukan pekerja bangunan saat tengah melakukan renovasi, Kantor Kecamatan Limbangan, Kabupaten Garut Jawa Barat, pada Senin (2/11/2015), sudah diamankan di Satbrimob Polda Jabar.

” Sudah diamankan di Satbrimob Polda Jabar empat buah proyektil tersebut,” ujar Kapolsek Limbangan, Kompol Imran Rosadi, Selasa (3/11/2015) pada wartawan.

Dikatakannya, salah seorang pekerja bangunan bernama Jajang Saepudin (42) menemukan proyektil peluru aktif itu saat menggali pondasi beton cakar ayam, saat merenovasi Kantor Kecamatan Limbangan. Setelah curiga ada barang aneh. Pihak Kecamatan langsung melapor pada kami.

Dijelaskannya, proyektil peluru tersebut diduga merupakan peninggalan tentara Indonesia pada saat melakukan pengepungan DI/TII yang bermarkas di sekitar kantor Kecamatan Limbangan. Soalnya, wilayah yang berada di Garut Utara ini merupakan daerah basis DI/TII. “Adapun jenis mortir yang hasil produksi akaek Embrug 1933, ” ucap Imron.

“Jika berdasarkan informasi dari para saksi sejarah yang saat ini masih hidup, kantor Kecamatan Limbangan merupakan bekas markas tentara Indonesia, maka mortir yang ditemukan merupakan peninggalan sisa-sisa perang ”pungkasnya. 

Sumber : http://www.galamedianews.com/