Mudik Lebaran, Pemprov Sediakan 6.905 Armada

by -11 views

Mudik Lebaran, Pemprov Sediakan 6.905 Armada

Jatinangorku.com – Pemerintah Provinsi Jawa Barat menyiapkan 6.905 armada jelang mudik lebaran 2014. Pemprov juga berjanji akan menyediakan fasilitas mudik gratis bagi masyarakat.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat Dedi Taufik mengaku sudah melakukan koordinasi dengan beberapa perusahaan yang bergerak dalam bidang transportasi. Seperti dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI).

Pemprov dan PTKAI sudah sepakat untuk menyiapkan 34 kereta api tujuan Jakarta ke wilayah timur Jawa Barat.

“Kita juga berkoordinasi dengan perusahaan penerbangan. Ada 24 pesawat yang disiapkan. Untuk mudik gratis kita ada stimulus dari APBD Provinsi sebanyak 20 armada bus,” jelas Dedi kepada wartawan, Jumat (20/6/2014).

Guna memantapkan persiapan mudik lebaran, pihaknya juga sudah melakukan rapat koordinasi terpadu dengan sejumlah kementrian perhubungan, PU, Korlantas hingga Kementerian Pertanian. Dedi menyatakan seluruh pihak sudah berkomitmen memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat pengguna transportasi.

“Kami berharap program mudik gratis ini bisa lebih banyak lagi. Lebih baik menggunakan angkutan massal ketimbang mudik pakai roda dua,” tutur Dedi.

Bus gratis yang disedikan oleh Pemprov Jabar ini bakal disiapkan di beerapa kabupaten/kota di Jabar seperti Bogor, Depok, Bekasi, Bandung hingga di Jakarta.

“Bus ini akan mengangkut pemudik ke berbagai tujuan utamanya kota-kota di Jawa Barat juga Jawa Tengah,” jelas dia.

Dedi siap mengajak para penyedia jasa transportasi, pengusaha hingga pemilik pabrik untuk berpartisipasi menyiapkan armada untuk mudik gratis. Setidaknya, mudik gratis itu dipersiapkan untuk para karyawannya masing-masing.

Dia memprediksi jumlah pemudik tahun ini mengalami peningkatan sekitar 7-10 persen. Dedi tak menampik pemudik roda dua akan mendominasi arus mudik lebaran tahun ini.

“Kami berharap banyaknya program mudik ini bisa mengurangi para pemudik roda dua. Ada mudik gratis, juga ada angkutan roda dua gratis. Kita kebagian dari Jakarta menuju pelabuhan Cirebon. Dari situ pemudik bisa melanjutkan kembali pakai roda dua,” jelas dia.

Pemprov Jabar sendiri masih melakukan sosialisasi mudik gratis kepada masyarakat. Para calon pemudik gratis bisa mendaftarkan dirinya dari sekarang, kemudian pemprov Jabar akan mengumunkannya melalui media.

“Kami juga akan cek seluruh kesiapan dari fasilitas mudik terutama mudik gratis ini. Setidaknya tiga hal yang dicek sebelum pelaksanaan mudik, yakni siap aturan dan administrasi, siap SDM, dan siap kendaraan,” tutup dia

Sumber : http://www.inilahkoran.com/