Mudik, Traffick Light akan Dimatikan

by -37 views

Mudik, Traffick Light akan Dimatikan

Selasa pekan depan (22/7/2014) kepolisian sudah turun ke jalan untuk mengatur dan mengamankan arus mudik Lebaran 2014. Kawasan Cikopo di Jalur Pantura jadi sorotan, lantaran menjadi titik kemacetan.

Dirlantas Polda Jabar Kombes Pol Djoko Rudi mengatakan, untuk di jalur utara simpul kemacetan ada di Cikopo. Jalur ini meliputi Mutiara, Cikampek hingga Simpang Jomin.

“Nanti di sana penanggungjawabnya satu orang. Sebab, kalau banyak yang memberikan perintah biasanya jadi malah tak karuan,” katanya kepada wartawan, Kamis (17/7/2014).

Ia menjelaskan, guna melancarkan arus lalu lintas di kawasan itu, Dit Lantas Polda Jabar sudah menyiapkan strategi. Di antaranya, tidak memfungsikan lampu merah.

Menurutnya, lampu merah tidak dijalankan pertimbangannya jika ada satu titik lampu merah menyala selama 90 detik berakibat penumpukan dan antrean kendaraan yang panjang.

“Itu bisa berdampak langsung terhadap kondisi di dalam jalan tol Jakarta-Bandung. Makanya traffick light tidak diberlakukan. Seperti di Cikopo, tidak diberlakukan,” ujarnya.

Kendati begitu, katanya, untuk mengatur di perempatan atau pertigaan lampu merah, pihaknya menempatkan anggotanya di sana. Mereka akan mengatur secara manual arus lalu lintas di setiap persimpangan, perempatan dan pertigaan jalan.

“Traffick light akan dijaga anggota. Mereka akan mengatur secara manual selama 24 jam,” tandasnya

Sumber : http://www.inilahkoran.com/