Musala di Kompleks Makam Cut Nyak Dien Ini Terancam Ambles, Pemda Setempat Malah Cuek

by -74 views

Musala di Kompleks Makam Cut Nyak Dien Ini Terancam Ambles, Pemda Setempat Malah CuekMeunasah Cut Nyak Dien, atau Musala Cut Nyak Dien, menjadi bagian penting dari kompleks makam Cut Nyak Dien yang berada di Kompleks Makam Gunung Puyuh.

Sayangnya, kini musala bergaya khas Aceh itu terancam tanah ambles. Ini sudah terlihat dari longsoran tanah berjarak satu meter di dekat tiang musala.

Hal itu pun diungkapkan Asep Gusnandar (50), pengelola makam Cut Nyak Dien, ketika ditemui Tribun Jabar di makam Cut Nyak Dien di Kampung Gunung Puyuh, Desa Sukajaya, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Kamis (10/8/2017).

“Ini kan tanah semakin gembur, keadaan lebih parah setelah saluran air dipindahkan ke dekat musala karena di tempat sebelumnya dibangun kolam ikan,” ujar Asep Gusnandar.

Pantauan Tribun Jabar, berjarak kurang satu meter dari tiang penyangga musala, kondisi tanah ambles hingga setinggi satu meter.

Asep Gusnandar mengaku sudah berkali-kali meminta perhatian pemerintah daerah mengenai masalah ini namun belum juga ada tanggapan.

Menurutnya, pemerintah seolah abai dengan keadaan tempat tersebut. “Padahal ini kan makam pahlawan nasional yang harus kita jaga dan hormati,” ujar Asep Gusnandar.

Bukan itu saja, menurut Asep Gusnandar, luas kompleks makam Cut Nyak Dien ini semakin lama semakin sempit.

Hal itu karena adanya pergeseran lahan pertanian dan tempat tinggal masyarakat.

Asep Gusnandar mengaku sudah meminta data pasti luas tanah makam pada pemerintah Desa Sukajaya.

Sayang, bukannya diberi data, pemerintah desa justru seperti tidak ingin memberikan data pasti dan memberikan berbagai alasan.

“Aduh datanya hilang, aduh datanya tidak ada, di desa malah meminta diukur ulang saja. Memang pengukuran ulang tidak pakai uang? Kan kita harus bayar ke mereka,” keluh Asep Gusnandar.

Asep Gusnandar berharap ada itikad serius dari pemerintah daerah maupun pemerintah desa untuk membantu mengatasi permasalahan di makam Cut Nyak Dien.

Sumber : http://jabar.tribunnews.com