Naik Peringkat Anggaran Semua Kecamatan Disamaratakan

by -59 views

Tipe pemerintahan kecamatan di Sumedang saat ini disamakan masuk tipe A. Sebelumnya Pemkab dan DPRD Sumedang menetapkan tujuh dari 26 kecamatan masuk tipe B. Namun setelah dievaluasi gubernur ternyata semua kecamatan harus masuk tipe A.

Anggota Fraksi Golkar DPRD, Edi Askhari mengatakan evaluasi gubernur terkait Perda tentang struktur organisasi tata kerja (SOTK) sudah ada. “Gubernur memberikan evaluasi atas perda SOTK yang sudah disetujui DPRD,” kata Edi, Minggu (30/10/2016).

Menurutnya, 26 kecamatan yang ada di Sumedang yang letaknya di perkotaan, pelosok dan perbatasan semuanya sama masuk tipe A. “Jadi sekarang antara Kecamatan Jatinangor yang ada di perbatasan Bandung itu sama dengan Kecamatan Surian atau Cibugel. Tipe kecamatan sama walaupun luas wilayah serta jumlah penduduk jauh berbeda,” katanya.

Pemkab dan DPRD Sumedang sebelumnya sepakat untuk kecamatan Cibugel, Cisarua, Cisitu, Ganeas, Sukasari, Surian dan Tanjungmedar masuk tipe B karena dinilai beban kerja kecamatan ini kecil. Namun gubernur punya pandangan berbeda. “Skor hasil pemetaan urusan pemerintahan bidang kecamatan di Sumedang, seluruhnya tipe A,” tulis evaluasi gubernur yang ditujukan ke Bupati Sumedang melalui surat persetujuan Raperda perangkat daerah dengan nomor 188.342/4428/Org tertanggal 5 Oktober 2016.

Menurut hasil evaluasi, salah satu arah kebijakan Kabupaten Sumedang adalah pemngembangan wilayah perbatasan dan pelaksanaan proyek strategis. Salah satunya adalah jalan tol Cisumdawu, hal ini harus didukung dengan penguatan kelembagaan khususnya kecamatan. Dengan semua kecamatan menjadi tipe A maka jabatan sekretaris kecamatan, struktural eselon III b atau jabatan administrator.

Dengan tipe yang sama maka tak ada lagi perbedaan antara Kecamatan Jatinangor dengan Surian yang berada di pelosok. Kecamatan Jatinangor yang berbatasan dengan Bandung sama tipenya dengan Kecamatan Surian yang berada di pelosok. Beban kerja di kecamatan yang satu dengan yang lain menjadi sama walaupun jumalah penduduk dan letak geografis berbeda-beda di Sumedang.

Semua kecamatan bertipe sama maka akan berdampak pada beban anggaran. Di kecamatan tipe A berpola maksimal ada lima seksi dan minimal tiga seksi. Selain itu, penanganan dan pengalokasian anggaran untuk kecamatan sekarang disamaratakan.