Natal dan Tahun Baru, Stok Bahan Pokok di Jabar Aman

by -16 views
Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar memastikan stok kebutuhan pokok jelang hari natal dan tahun baru aman.
 
“Saya kira stok masih cukup dari kebutuhan untuk natal dan tahun baru. Jadi gak ada masalah,” ujar Deddy Mizwar usai Rapat Koordinasi dengan Kementerian Perdagangan RI terkait Langkah Stabilisasi Harga dan Pasokan barang Kebutuhan Pokok di Hotel El Royal Hotel Jl.Merdeka, Kota Bandung, Senin (4/12/2017).
 
Pria yang akrab disapa Demiz ini berjanji terus melakukan pemantauan harga di masyarakat agar mampu mengendalikan harga jika sewaktu-waktu harga bahan pokok di pasaran mengalami lonjakan.
 
“Pemantauan harga terus dilakukan, tidak harus operasi pasar, tapi bagaimana seperti untuk Beras, Bulog langsung turun ke lapang,” kata dia.
 
Selain itu, meskipun dinyatakan aman, pihaknya diperingatkan oleh Kementerian Perdagangan agar tetap mewaspadai kemungkinan-kemungkinan terjadi gagal panen yang diakibatkan cuaca ekstrim dan iklim di Jawa Barat.
 
“Karena itu bisa mengakibatkan gagal panen dan segala macem, itu yang kita bahas tadi, mudah-mudahan tidak terjadi seperti itu,” ungkapnya.
 
Untuk mengoptimalisasi pengawasan harga bahan pokok di lapangan, pihaknya pun mengaku menginginkan agar portal Priangan di bawah Bank Indonesia, bisa dimanfaatkan dengan baik untuk memerbaharui harga-harga bahan pokok di pasaran.
 
“Kita sudah punya portal priangan diseluruh kokab, tinggal di update harga pasar, sekarang baru tiga kota (yang memanfaatkan) , selebihnya di tahun baru, natal atau lebaran, harus aktif, harusnya tidak harus saat hari besar pun harus aktif, ” katanya.
 
Ia berharap, masyarakat tetap mempu memiliki daya beli yang baik untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.
 
” Masyarakat jangan sampai tergetus daya belinya, karena barang harganya yang meninggi, ” pungkasnya.