Ngabuburit Sambil Berlatih Sepatu Roda

by -34 views

Ngabuburit Sambil Berlatih Sepatu Roda

Jatinangorku.com – Latihan sepatu roda setiap sore, menjadi aktivitas rutin bagi Rahmat Ikbal (16) dan Ridwan Ligeria (16) serta teman-teman lainnya yang menekuni olahraga sepatu roda.

Namun, saat latihan di bulan puasa, ada suasana yang berbeda karena banyak yang menonton. Latihan mereka sekaligus menjadi sebuah hiburan bagi siapa saja yang melihatnya di Alun-alun Sumedang.

“Habisnya tidak ada lagi tempat latihan, jadi ya sudah kita latihan disini, di trotoar alun-alun, lumayanlah sambil latihan sambil beramal buat orang-orang karena mereka sangat terhibur dengan aksi latihan kami,” kata Ikbal, Jumat (4/7/2014) ketika sedang mempersiapkan perangkat latihan dan memakai sepatu rodanya di alun-alun Sumedang.

Ada sekitar 10 orang yang biasa rutin berlatih untuk berolahraga. Namun, teman-temannya yang tergabung dalam komunitas sepatu roda mencapai seratusan orang.

“Ada yang berlatih untuk hobi dan main-main saja, ada juga berlatih untuk olahraga,” kata Ikbal.

Sayang, sepatu roda tak diikutsertakan dalam porda mendatang karena buruknya manajemen kepengurusan cabang olahraga. Meski demikian, Ikbal tak terpengaruh karena setiap sore ia dan beberapa temannya tetap latihan.

“Saya latihan dengan teknik-teknik olahraga, tapi nggak apa-apa nggak jadi atlit dan tidak ikut event juga yang penting terus berlatih,” ujar Ikbal.

Pegiat sepatu roda ini biasa berlatih mulai pukul 15.00. Di bulan puasa, waktu berlatih dimundurkan setengah jam karena cuaca masih sangat terik.

Jika tidak ada event yang akan dihadapi, latihan sepatu roda hanya untuk ketanggguhan dan ketahanan fisik saja. Sesekali berlatih juga gaya-gaya tertentu.

“Banyak gayanya, semua harus bisa, kalau sudah lihai dan mahir, gerakannya pasti sangat indah dan cepat,” jelas Ridwan yang tengah bersiap melingkari satu persatu rintangan yang terpasang.

Ketika waktu menunjukkan pukul 14.30, satu persatu orang berdatangan melihat aksi latihan mereka. Sampai pukul 17.00, semakin penuh. Tak jarang, penonton malah minta diajari sepatu roda.

“Sempat ada yang minta diajarin, boleh saja, kami senang-senang saja mengajarkannya,” kata Ikbal yang juga siswa kelas 3 di SMAN 3 Sumedang.

Aksi latihan sepatu roda di alun-alun ini menjadi sarana ngabuburit warga di Sumedang. Selain menonton aksi indah dan mahir para pegiat sepatu roda, bagi yang berminat mencoba sepatu beroda ini bisa juga diajarkan

Sumber : http://www.inilahkoran.com/