Nikmatnya Ali Agrem, Penganan Manis Tradisional Tanah Sunda

by

Nikmatnya Ali Agrem, Penganan Manis Tradisional Tanah SundaTanah Sunda memang kaya akan makanan tradisional, mulai dari makanan berat, minuman, hingga penganan manis.

Tapi familiarkah Anda pada ali agrem?

Kudapan manis nan legit berbentuk bulat dengan lubang di tengahnya ini memang kalah pamor dari makanan impor yang punya bentuk sejenis, misalnya, donat.

Namun bukan berarti pecinta ali agrem berkurang.

Para pecinta penganan manis berwarna coklat gelap ini mengaku susah berpindah ke makanan lain bila sudah mencicipi nikmat dan manisnya ali agrem.

“Rasanya enak. Manis, legit, luarnya itu renyah tapi dalamnya lembut, pokoknya enak deh,” ujar Rita (34), penikmat ali agrem ketika ditemui Tribun Jabar di pabrik rumahan pembuatan ali agrem Ciptarasa di Kampung Kaum Kidul, desa Jatisari, Kecamatan Tanjungsari, Minggu (6/8/2017).

Rita memilih membeli ali agrem langsung dari  pabriknya dibandingkan di pasar karena menurutnya, rasa ali agrem lebih enak bila dibeli langsung dari pabriknya

Ali agrem, menurut Rita, lebih enak dinikmati dalam keadaan hangat karena rasanya lebih renyah.

“Walaupun sebetulnya yang dingin juga tak kalah enak, hanya saja aku memang lebih suka pas hangat-hangat,” ujar Rita.

Menurut Acip Sutarya (69), pemilik pabrik rumahan pembuatan ali agrem Citarasa, rasa legit sekaligus renyah berasal dari bahan baku pembuatan ali agrem itu sendiri.

Ali agrem, Acip Sutarya mengungkapkan, dibuat dari tepung beras dan gula merah.

Tepung beras, menurutnya, membuat tekstur ali agrem menjadi renyah di luar namun tetap lembut di dalam.

Sementara gula merah asli yang digunakan sebagai pemanis membuat rasa ali agrem menjadi legit tanpa menimbulkan gatal di tenggorokan.

“Rasanya tidak kalah lah dengan makanan modern, malah lebih sehat,” ujar Acip

Sumber : http://jabar.tribunnews.com