Nilai Peredaran Narkotika Melebihi APBN Indonesia

by -6 views

Nilai Peredaran Narkotika Melebihi APBN IndonesiaNilai bisnis peredaran narkoba di Indonesia sangat mencengangkan. Bahkan ternyata nilainya melebihi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Indonesia.

Hal tersebut diutarakan Kabid Pembinaan Ideologi Kesbangpol Jawa Barat, Yaya Sunarya. Dia mengatakan, nilai bisnis peredaran narkoba sangat besar sehingga menggiurkan. 

“Dalam setahun nilai peredaran gelap narkoba di Indonesia mencapai Rp 3.000 triliun. Sedangkan APBN kita baru Rp 2.000 triliun,” katanya dalam sosialisasi pencegahan penyalahgunaan Kabupaten Bandung di kampus Unnur Margahayu, Rabu, 9 Agustus 2017.

Sosialisasi yang berlangsung mulai Rabu hingga Jumat, 9-11 Agustus 2017 itu diikuti oleh 3.000 pelajar dan pemuda se-Kabupaten Bandung. 

Sementara itu Asisten Pemerintahan Pemkab Bandung, Yudhi Haryanto menuturkan hampir 90 persen korban penyalahgunaan narkotika berasal dari kalangan remaja. Sifat remaja yang ingin tahu dan mencoba sehingga remaja terjerumus narkotika. 

“Remaja termasuk siswa sekolah menengah juga sangat terpengaruh lingkungan pergaulannya,” ujarnya.

Lebih jauh Yudhi mengatakan, remaja perlu dibentengi dengan kemampuan internal berupa iman dan karakter termasuk memilih pergaulan yang baik. “Kalau kita bergaul dengan penjual minyak wangi, maka akan ikut wangi. Inilah pengaruh pergaulan yang sangat kuat,” tuturnya.

Sumber : http://www.pikiran-rakyat.com