”Nokia” Ber-Android Tidak akan Disebut Newkia

by -16 views

”Nokia” Ber-Android Tidak akan Disebut Newkia

Jatinangorku.com – Setelah divisi bisnis perangkat vendor asal Finlandia itu diakuisisi oleh Microsoft, kemungkinan Nokia menggunakan platform Android boleh dibilang sudah tertutup. Pekan lalu ada harapan dari sebuah perusahaan bernama Newkia, didirikan oleh Thomas Zilliacus, yang pernah bekerja selama 15 tahun di Nokia, 7 tahun di antaranya sebagai CEO Nokia Asia Pasifik. Visi Newkia adalah membuat ponsel Android yang seperti ponsel Nokia. Ia sudah dan berencana mempekerjakan beberapa pekerja Nokia yang tertarik mengembangkan Android. Menurut Zilliacus, Newkia ingin menggunakan teknologi dan desain ala Nokia namun menggunakan platform Android.

Namun Zilliacus dalam kesempatan wawancara dengan CNET Asia menyatakan bahwa smartphone Android ini tidak akan menggunakan nama Newkia, meskipun nama tersebut sudah terlanjur menyebar sebagai ponsel Android dengan gaya Nokia. Zilliacus menyebutkan ia sudah memiliki beberapa nama namun belum berniat mengumumkannya. Selain itu, ia mengaku tidak akan menjadi CEO Nokia dan sudah memiliki beberapa calon yang pastinya sudah teruji hasil kerjanya.

Detil lain yang diungkap Zilliacus adalah ada beberapa lowongan yang terbuka. Ada beberapa pekerja Nokia saat ini yang ingin bekerja di Newkia karena mereka tak ingin bekerja untuk Microsoft. Meski seorang walikota di sebuah kota di Finlandia menawarkan Zilliacus tempat gratis untuk menjadi kantor, namun pendiri Newkia ini berkomitmen akan menjadikan negeri Singapura sebagai markas perusahaannya. Ia sudah 27 tahun ini tinggal di negeri tetangga kita itu.

Mengenai Jolla, Zilliacus tidak menjadikan OS tersebut sebagai pilihan utama dan akan menggunakan platform terpopuler di dunia, Android. Ia menyatakan bahwa ia belum pernah mencoba perangkat Windows Phone 8.

Sumber : http://id.berita.yahoo.com/