NSA Sadap Ponsel Pintar

by -10 views

NSA Sadap Ponsel Pintar

Jatinangorku.com – Badan Intelejen Amerika Serikat alias National Security Agency (NSA) disebut bisa menyadap ponsel pintar. Harian Jerman Der Spiegel dalam lamannya, Sabtu (7/9) menyebut telah mempelajari dokumen internal NSA. Dokumen itu menyatakan mereka memiliki kemampuan menyadap data pengguna ponsel pintar yang memakai sistem operasi iOS, Android dan Blackberry.

 Dokumen itu bahkan menyebut, NSA bisa menyadap data sensitif pengguna seperti daftar kontak, isi SMS, catatan, lokasi, bahkan email dalam Blackberry yang dikenal sangat aman.

 Dokumen itu menunjukkan NSA telah membentuk kelompok kerja tiap khusus setiap sistem operasi untuk mendapatkan data dari ponsel.

 Pakar dalam dokumen itu menyebut, mereka telah sukses menyusupi iPhone. Dengan program mini yang disebut ‘script’ penyusupan itu berhasil menghidupkan 38 fitur iPhone. Namun tak disebut fitur apa saja yang dihidupkan.

 Spesialis dalam dokumen itu juga menyebut berhasil menyusup pada ponsel Blackberry. Dokumen bertahun 2009 menyatakan, mereka telah mampu membaca lalu lintas SMS. Penyusupan ini sempat gagal, usai perusahaan asal Kanada itu mengakuisisi sebuah perusahaan yang mengubah cara mereka mengompres data. Namun, benteng yang dibuat Blackberr itu tak bertahan lama. Pada Maret 2010, dokumen itu menyebut badan intelejen Inggris GCHQ (Government Communications Headquarters ) berhasil menembus keamanan Blackberry.

 Selama ini, sistem keamanan email di Blackberry terkenal dan diklaim sangat aman. Pejabat BlackBerry enggan untuk mengomentari laporan media mengenai penyadapan pemerintah terhadap lalu lintas telekomunikasi . “Kami tidak pernah memberikan akses ‘pintu belakang’ dalam platform kami,” ujarnya.

 Dokumen yang disebut Der Speigel menyatakan, memata-matai ponsel pintar belum menjadi fenomena massal. Namun ini sudah ditargetkan. Bahkan dalam beberapa kasus, penyadapan ini dilakukan secara individual dan tanpa diketahui operator telekomunikasi.

Sumber : http://id.berita.yahoo.com