Oleh-oleh Khas Sumedang Tidak Hanya Tahu

by

Oleh-oleh Khas Sumedang Tidak Hanya Tahu

Jatinangorku.com – Komoditas makanan dan oleh-oleh unggulan khas di Kab. Sumedang tidak hanya tahu. Namun, di kabupaten yang selama ini terkenal dengan produk makanan tahu itu, juga memiliki aneka jenis makanan dan produk barang kerajinan khas yang bisa dijadikan oleh-oleh dari Sumedang selain tahu.

“Selama ini, masyarakat luar Sumedang kalau melintas ke Sumedang dan belanja oleh-oleh, sebagian besar hanya mengingat dan membeli tahu. Padahal, sebenarnya Sumedang juga memiliki banyak produk khas lainnya yang bisa dipilih sebagai oleh-oleh dari Sumedang, baik berupa makanan, maupun barang-barang asli hasil kerajinan masyarakat Sumedang,” ujar Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kab. Sumedang Ramdan Ruhendi Dedy, di ruang kerjanya, Rabu (21/9).

Seraya melihat-lihat contoh aneka makanan khas Sumedang yang dipajang dan dijajakan di meja tamu ruang kerjanya, Ramdan, menilai berbagai makanan dan kerajian khas Sumedang selain tahu, kualitasnya tidak diragukan dan mampu bersaing di pasaran. Bahkan, puluhan jenis produk di antaranya selama ini sudah banyak dijual di pasar-pasar tradisional, pertokoan, kios oleh-oleh, super market dan mini market baik di Sumedang maupun berbagai daerah luar Sumedang.

Namun, menurut Ramdan, sejauh ini masyarakat luar sebagian besar baru mengetahui dan mengenal Sumedang dengan makanan tahu khas Sumedang. Persoalannya, sebagian besar produk-produk makanan dan komoditas unggulan khas Sumedang selain tahu, selama ini belum terpromosikan luas sebagai produk khas Sumedang. Oleh karena itu, sebagai salah satu cara untuk mempromosikannya, Ramdan Ruhendi, baru-baru ini telah menata ruang kerjanya menyatu dengan ruang galery.

Di Ruang kerja dan ruang galery kantornya itu diisi dengan pajangan contoh aneka makanan dan barang kerajinan yang sudah diproduksi rutin oleh kelompok-kelompok usaha kecil dan menengah masyarakat Sumedang. Selain itu, ujar Ramdan, pihaknya bersama para pelaku UKM di daerahnya juga terus berusaha melakukan berbagai langkah promosi produk-produk unggulan khas daerahnya.

Aneka makanan khas Sumedang selain tahu, di antaranya tape singkong, ubi cilembu, oncom, opak ketan, sale pisang, keripik pisang dan singkong, emping melinjo, dan aneka jenis makanan ringan lainnya. Selain itu, di Sumedang juga memiliki berbagai jenis produk ungulan barang hasil kerajinan masyarakat, misalnya, ukiran kayu, angklung arumba, wayang golek, senapan angin, batu cincin, meubel, dan tembakau mole aneka aroma rasa. (A-91/das)***

Sumber : http://www.pikiran-rakyat.com