Operasi di Tol Cipali, Dirlantas Polda Jabar Sita 30 STNK dan 25 SIM

by -51 views
Jatinangorku.com – Dirlantas Polda Jawa Barat kembali menggelar operasi  pemeriksaan terhadap kendaraan yang melintas di ruas tol Cikopo-Palimanan (Cipali). Dalam operasi yang digelar Jum’at dini hari pukul 00.00 WIB hingga 03.00 WIB di pintu tol Palimanan, menilang 31 STNK dan SIM sebanyak 25 buah.
 
“Bentuk pelanggaran yang kami tangani tidak membawa SIM, SIM habis masa berlakunya dan kendaraan melebihi muatan,” tutur Panit PJR Kertajati, Ipda Dasep Rahman 
 
Operasi pemeriksaan itu melibatkan 45 personil gabungan Patroli Jalan Raya (PJR) sebanyak 38 orang, anggota Brimob 3 orang dan Patroli 4 orang. Pemeriksaan dilakukan di pintu tol Palimanan, Cirebon yang dipimpin kepala unit 3, 7 dan 8 serta panit Palikanci, Kertajati dan Jatiwangi.
 
“Seperti operasi sebelumnya, sasaran kami ialah travel gelap, kendaraan pribadi, narkoba dan curas atau pembegalan,” tutur Dasep.
 
Operasi Jum’at dini hari merupakan kedua kalinya setelah peristiwa kecelakaan dua hari berturut-turut di ruas tol Cipali yang menewaskan belasan korban jiwa.  Lewat operasi ini, diharapkan kecelakaan bisa dicegah dengan diawali oleh ketertiban dalam berlalu-lintas.
 
“Kita periksa semua kendaraan yang lewat. Apakah dokumennya lengkap dan kendaraannya layak. Juga kondisi fisik pengemudi. Dari sejumlah kecelakaan diantara yang menonjol ialah tidak memperhitungkannya batas kecepatan dan sopir memaksakan diri melewati ruas tol itu meski stamina tubuhnya tidak memungkinkan,” tutur dia.