Pajak Hotel Restoran Akan Naik

by -17 views

Jatinangorku.com – Dinas Pendapatan (Dispenda) menargetkan pajak hotel restoran naik lagi. Tahun lalu pajak hotel tidak sesuai tarket karena ada kebijakan dari Kemenpan dan Reformasi Birokrasi yang melarang pegawai pemerintah rapat di hotel.

“Tahun lalu ada kebijakan pegawai pemerintah tak boleh rapat di hotel namun kebijakan itu sekarang dicabut sehingga pengunjung dan yang rapat di hotel bisa banyak lagi,” kata Sanusi Mawi, Kepala Dispenda.

Menurutnya, tahun ini terget pajak hotel ini Rp 1,9 miliar. Selain menaikan target pajak hotel, pajak restoran juga bakal turut meningkat. “Kami terus mengenjot sektor pendapat daerah karena banyak kebutuhan belanja yang harus dipenuhi,” katanya.
Pendapatan daerah paling besar yang diperoleh Pemkab Sumedang masih dari pajak penerangan jalan umum (PPJU). Untuk PPJU itu ditargetkan mencapai
Rp 59,5 miliar. “Pendapatan asli daerah (PAD) Paling besar masih diperoleh dari PPJU,” katanya.

Urutan kedua PAD paling besar adalah dari sektor pajak bumi bangunan (PBB) Rp 23 miliar. “Untuk membayar PBB ini kami bekerja sama dengan bank jadi yang mau bayar langsung melalui rekening bank kecuali yang nilainya kecil,” katanya.
Pendapat dari bea perolehan hak atas tanah dan bangunan (BPHTB) menjadi pendapat ketiga paling besar yang diperoleh Pemkab Sumedang. Dari BPHTB ini Sumedang menargetkan mendapat 19 miliar.

Sanusi menyebutkan target pendapatan asli daerah Kabupaten Sumedang untuk tahun 2016 mencapai Rp 121,4 miliar terdiri dari pajak daerah Rp 121,3 dan retribusi Rp 131,7 juta.

Dikatakannya total target sebesar Rp 121 M lebih tersebut, hingga akhir bulan Februari 2016 ini telah terealisasi sebesar 13,15 persen atau sekitar Rp 15,9 miliar.

Sumber : http://jabar.tribunnews.com/