Pakar Hukum Sumedang Desak DPR RI Sahkan RUU Keperawatan

by -29 views

Jatinangorku.com – Sejumlah pakar hukum di wilayah Kabupaten Sumedang mendesak anggota DPR RI segera mengesahkan RUU Keperawatan. Sebab hingga saat ini tidak ada kepastian sehubungan pembahasan RUU tersebut.

“Padahal RUU Keperawatan itu sudah dirancang sejak 2009. Tapi sampai saat ini belum ada perkembangan dan kejelasan,” kata Deki Ismaludin, S.H. kepada “GM” di Jatinangor, Minggu (5/10).

Ketua Gerakan Muda Peduli Alam Jawa Barat itu menyebut, nasib para perawat di Sumedang khususnya dan perawat di seluruh Indonesia sangat ditentukan RUU tersebut.

“RUU ini sangat menentukan nasib perawat. Jadi harus segera disahkan, jangan sampai dibiarkan seperti ini,” tegasnya.

Para calon perawat yang ingin mengabdikan diri di dunia keperawatan juga sangat mengharapkan RUU tersebut segera dikeluarkan. “Profesi perawat itu harus memiliki payung hukum yang jelas. Banyak sekali perawat yang tidak memiliki tunjangan, jaminan kesehatan, dan tunjangan profesi. Padahal mereka bekerja di instansi kesehatan,” terangnya.

Dukungan

Seorang perawat, Santi Sofia (20) yang bekerja di salah satu klinik di Sumedang berharap DPR RI segera mengesahkan RUU tersebut.

“Harus ada dukungan dari semua pihak, seperti gubernur, presiden, dan pejabat terkait, yaitu DPR RI yang mengesahkan RUU menjadi UU. Termasuk masyarakat, harus ikut proaktif dan mengawasi,” katanya.

Profesi perawat adalah pekerjaan yang mulia dan harus memiliki verifikasi karena tidak bisa asal-asalan.

“Kalau bebas begitu saja, semua orang juga bisa jadi perawat. Tapi kalau yang bekerja di instansi terkait, harus jelas. Makanya kami menunggu DPR segera mengesahkan RUU Keperawatan,” katanya.

Sumber : http://www.klik-galamedia.com/