Panen Kedelai, Menteri Suswono Sindir Menteri Gita

by -64 views

Panen Kedelai, Menteri Suswono Sindir Menteri Gita

Jatinangorku.com – Menteri Pertanian Suswono menyindir Menteri Perdagangan Gita Wirjawan yang sering kali mempertanyakan pasokan kedelai dari dalam negeri. Dalam panen raya kedelai di Desa Sukarara, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Suswono mengatakan sudah mengajak Gita hadir, namun mantan kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal ini absen.

“Menteri Perdagangan sering (mengatakan), ‘Saya cari kedelai susah’. Padahal sudah saya ajak ke sini, sayang tidak datang,” kata Suswono pada panen raya kedelai di Desa Sukarara, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Minggu, 29 September 2013.

Namun Suswono mengucapkan terima kasih karena ada perwakilan dari Kementerian Perdagangan. Suswono dengan menyaksikan panen tersebut, pihak Kementerian Perdagangan mengetahui bahwa ada pasokan dari dalam negeri.

Suswono mengakui saat ini pemerintah telah membuka impor kedelai untuk meredam harga di tingkat konsumen. Meskipun demikian, Suswono memastikan pembukaan keran impor ini tidak akan menekan harga di tingkat petani.

Soalnya, harga kedelai impor berkisar Rp 9.000 per kilogram di tingkat importir. Selain itu pemerintah juga menugasi Perum Bulog untuk menyerap kedelai petani dengan harga Rp 7.000 per kilogram. “Kalau harga tinggi, silakan petani jual di pasar. Kalau harga di pasar turun ke bawah Rp 7.000 per kilogram, larilah ke Bulog, akan diserap,” kata Suswono.

Jafar Amir, Anggota Kelompok Tani Cipta Karya, Lombok Tengah mengeluhkan kebijakan pemerintah yang membuka impor kedelai. “Sekarang petani sudah antusias menanam kedelai, tapi saat panen banyak usaha pemerintah yang membentur supaya harga turun,” kata Jafar dalam kesempatan yang sama.

Suswono mengatakan dengan produksi kedelai nasional yang hanya sepertiga dari kebutuhan nasional, maka impor perlu dilakukan. “Jangan alergi kepada impor selama ini untuk menutup kekurangan. Kalau berlebibhan tentu akan menekan petani, tetapi sekarang dengan harga yang bagus, tanamlah kedelai dengan baik sehingga produksi meningkat,” kata Suswono

Sumber : http://id.berita.yahoo.com