Pangandaran Siapkan Paket Wisata saat PON

by -24 views

 

 

KABUPATEN Pangandaran, Jawa Barat, menyiapkan paket wisata khusus saat Pekana Olahraga Nasional (PON) XIX tahun 2016 di Jawa Barat yang mempertandingkan olahraga khas daerah itu, terjun payung dan pacuan kuda.

“Pangandaran akan menjadi tuan rumah PON untuk cabang terjun payung dan pacuan kuda, dua cabang yang menarik masyarakat sehingga kami akan kemas menjadi paket wisata PON,” kata Kepala Bagian Humas Kabupaten Pangandaran Yani Agusman, di Pangandaran, Sabtu.

Daerah itu menyambut baik dan menganggap perhelatan PON itu sebagai suatu kehormatan dan kepercayaan bagi Pangandaran yang notabene merupakan kabupaten paling bungsu atau kabupaten pemekaran terakhir di Provinsi Jawa Barat.

Yani menyebutkan selain terjun payung dan pacuan kuda, pihaknya juga menyatakan akan menyiapkan beberapa kegiatan pendukung PON.

“Pacuan kuda merupakan olahraga rakyat di pesisir Pangandaran ini yang akan kembali hidup dengan hadirnya arena pacuan kuda di Legokjawa. Demikian juga terjun payung di Bandara Nusawiru juga akan menjadi olahraga khas di sana,” katanya.

Menurut dia, pada 17-29 September 2016 akan menjadi ajang khas di kawasan wisata Pangandaran. Selain akan dihadiri duta olahraga dari provinsi lain juga akan menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Sejumlah potensi ekonomi, seni dan budaya juga akan dikerahkan yang disinergikan dengan program PON XIX/2016, yang mana Kabupaten Pangandaran saat ini tengah menggali potensi seni budaya dari setiap desa dan kecamatan di daerah itu.

“PON XIX/2016 diharapkan bisa mendukung upaya Pangandaran untuk menjadi destinasi wisata dunia,” katanya.

Kabupaten Pangandaran juga melakukan upaya untuk membumikan PON XIX/2016 Jabar, salah satunya melalui sosialisasi yang akan dilakukan di Boulevard Pantai Barat Pangandaran pada Minggu (15/5) yang rencananya dihadiri oleh ribuan warga di kawasan gerbang masuk obyek wisata pantai legendaris di Jabar itu