Para Potensi SAR di Jabar Bakal Dilatih Under Water Rescue

by -9 views

Para Potensi SAR di Jabar Bakal Dilatih Under Water RescueBasarnas Kantor SAR Bandung akan memberikan pelatihan Under Water Rescue kepada para potensi SAR yang ada di pelosok Jawa Barat. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan para potensi SAR.

Kepala Kantor SAR Bandung, S Riyadi melalui Kepala Seksi Potensi SAR, Muhammad Arafah mengatakan, kemampuan under water rescue penting dimiiki oleh para potensi SAR dalam misi membantu penyelamatan dan meminimalisir korban bencana atau pun kecelakaan di dalam air.

“Para potensi SAR harus bisa menguasai under water rescue. Ini (kemampuan) penting dimiliki para potensi SAR di Jawa Barat,” ujar Muhammad di Sumedang, Jumat (18/8/2017).

Hal itu, lanjut Muhammad, merujuk pada data yang telah ia pelajari bahwa di Jawa Barat banyak kecelakaan air yang mengakibatkan korban jiwa. Seperti tenggelam, terseret arus sungai maupun hilang terbawa ombak di laut.

Menurut dia, pelatihan under water rescue nantinya akan disertai lisensi sertifikat bagi para potensi SAR yang mengikuti pelatihan. Hal ini bertujuan agar para potensi menjadi pembantu petugas Basarnas dan legal dalam melakukan penyelamatan.

“Karena tanpa mereka pastinya respon penyelamatan agak terlambat. Jika memiliki sertifikat maka potensi SAR ini yang bisa melakukan pertama kali penyelamantan sebelum petugas datang,” kata dia, seraya menyebut jika hal serupa sudah pernah dilakukan di Ambon, Pontianak dan Ternate.

Terlebih, lanjut dia, para potensi SAR yang ada di Jawa Barat sangat banyak dan sangat aktif membantu petugas Basarnas di lapangan. Dengan kemampuan under water rescue, para potensi SAR justru akan lebih membantu meminimalisir adanya korban jiwa kecelakaan air.

Sumber : http://jabar.tribunnews.com