Pasanggiri Tembang Pop Sunda (PTPS) se-Jatinangor Diikuti 50 Peserta

by -46 views



 

JATINANGOR (GM) – Sebanyak 50 peserta akan meramaikan Pasanggiri Tembang Pop Sunda (PTPS) se-Jatinangor yang akan digelar Sabtu dan Minggu (19-20/5) di halaman Pasar Resik Jatinangor, Jalan Raya Jatinangor, Desa Cibeusi, Kec. Jatinangor, Kab. Sumedang.

Pasanggiri digelar berkat kerja sama antara Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dispopar) dengan pengelola Pasar Resik Jatinangor dengan memperebutkan trofi Sekda Kab. Sumedang, Atje Arifin Abdulah. Ke-50 peserta tersebut berasal dari kelompok SD, SMP, dan SMA.

“Ke-50 peserta tersebut siap tampil dalam ajang pasanggiri tembang Sunda pop. Mudah-mudahan kegiatan nanti akan berjalan sesuai jadwal dan seluruh peserta bisa tampil,” kata Rusanto Jocko Prakoso, ketua panitia kepada “GM” di Jatinangor, Jumat (18/5).

Menurut Rusanto yang juga akrab dipanggil Joko Loyor ini, selain mencari penyanyi berbakat dari kalangan SD, SMP serta SMA di Jatinangor, pasanggiri juga digelar dalam upaya melestarikan, sekaligus mengembangkan lagu-luga Sunda.

“Kalau melihat jumlah peserta pasanggiri yang berjumlah 50 ini kami bangga. Artinya, animo masyarakat terutama kalangan pelajar terhadap lagu-lagu pop Sunda tergolong tingi. Kami berharap, kegiatan ini bisa digelar setahun sekali dan bisa sampai di tingkat Kab. Sumedang,” kata pengelola Pasar Resik Jatinangor ini.

Sementara itu, Kepala Dispopar Kab. Sumedang, Drs. H. Dicky Rubianam, M.Si. ketika dikonfirmasi “GM” mengatakan, pasanggiri merupakan kegiatan positif yang harus ditindaklanjuti.

“Pasanggiri tembang pop Sunda ini harus ditindaklanjuti sebagai upaya menggali potensi dan bakat murid SD, SMP, dan SMA di Jatinangor. Bahkan saya seni Sunda lainnya pun ikut dilestarikan, dan dikembangkan,” katanya. Wilayah Jatinangor tergolong kaya akan seni budaya yang perlu dilestarikan,” katanya.

Sumber : klik-galamedia