Pasar Kaget Jatinangor Mulai Tertata dan Terorganisasi

by -298 views

Pasar Kaget Jatinangor Mulai Tertata dan Terorganisasi

Jatinangorku.com – Keberadaan pasar kaget Jatinangor kini menjadi alternatif para pelaku ekonomi kreatif untuk memasarkan berbagai produk lokalnya. Ratusan pedagang yang sebagian besar merupakan warga Jatinangor itu mulai berjejer memadati Jalan Raya Kiara Payung sejak pukul 05.00 WIB hingga sore hari.

Berbagai produk unggulan yang dijajakan antara lain pakaian, makanan/minuman, perkakas rumah tangga, kerajinan tangan, dan barang-barang elektronik. Para pedagang musiman itu mampu menghipnotis ribuan pengunjung yang datang dari berbagai daerah di priangan timur.

Pengelola pasar kaget Jatinangor, Titus K. Adrian, mengatakan, sebelumnya, aktivitas pedagang yang sebelumnya agak semrawut kini mulai tertata dan terorganisasi secara baik di bawah pembinaan Paguyuban Warga Jatinangor (PWJ).

“Pedagang menggelar dagangannya setiap Minggu dan hari libur nasional,” kata Titus kepada “GM” di Saung Budaya Sumedang (Sabusu), Jatinangor, Minggu (18/5).

Dikatakan Titus, setelah dikelola PWJ, lokasi perdagangan menjadi sarana hiburan keluarga dan ruang olahraga terbuka yang bisa dinikmati oleh siapa pun. Bahkan, menurutnya, lokasi perdagangan di kawasan pendidikan itu kini dianggap sebagai tempat wisata kuliner.

“Pedagang jadi salah satu potensi Sumedang yang sangat membutuhkan ruang usaha, karena merekaturut berperan mempromosikan berbagai produk unggulan Sumedang, termasuk hasil karya warga Jatinangor,” ujarnya.

Sementara itu, Camat Jatinangor, Asep Aan Dahlan, berencana menata sekaligus memfasilitasi para pelaku ekonomi kreatif di Jatinangor.

“Mereka, bisa saja kami tempatkan di area parkir kantor kecamatan. Yang penting, pengelolaannya jelas sekaligus dilengkapi petugas kebersihan,” terang Asep.

Lokasi kuliner itu, nantinya khusus digelar pada malam hari dan esok harinya sudah kembali steril.

Dengan demikian, kata Asep, pelaku ekonomi kreatif khususnya pengolah makanan dan minuman bisa menjajakan produksinya di sana.

Sumber : http://www.klik-galamedia.com/