Pasar Milik Sumedang Bertahun Tahun Dibiarkan Rusak

by -31 views

Kondisi puluhan lapak pedagang (jongko) di pasar tradisinal Parakan Muncang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, rusak dan kumuh. Atap bangunan bolong di sana-sini.

“Sudah lama pemerintah tak membenahi pasar ini,” ujar Sutisna (49), salah seorang pedagang di pasar tersebut, Minggu (14/8).

Pembenahan terakhir, ujarnya, dilakukan pemerintah lima tahun lalu.

Karena tak ada lagi pembenahan dari pemerintah, para pedagang terpaksa memperbaiki sendiri pasar ini sekalipun dengan seadanya.

“Kalau ngandelin dari pemerintah mah, mau kapan atuh. Ya biasanya kalau ada yang rusak kami semua di sini bareng-bareng melakukan perbaikan. Uangnya buat perbaikan juga secara swadaya,” ujar Nanang (43), pedagang lainnya.

Meski demikian, Nanang berharap, pemerintah daerah segera turun tangan. Sebab, jika tak secepatnya dibenahi, kondisi pasar, ujarnya, akan semakin rusak. pasar tersebut.

“Dampaknya, jumlah pengunjung terus berkurang. Padahal, satu-satunya sumber keuntungan kami sangat bergantung pada banyak atau tidaknya pengunjung pasar,” katanya.

Tak hanya kondisinya yang rusak, tak adanya tempat pembuangan sampah sementara yang memadai juga menjadi masalah pasar ini.

“Sampah-sampah masih dibuang di TPS sementara yang kecil di depan pasar. Kalau menumpuk ya pasti baunya busuk sekali,” ujar Rusdiana (38), pedagang lainnya.

Celakanya, TPS sementara ini juga menjadi tempat warga sekitar membuang sampahnya. “Ada juga yang bukan warga Cimanggung buang sampah di situ. Akibatnya, setiap hari sampah di sana selalu menumpuk,” ujarnya.