Pasir Putih Universitas Padjadjaran goes to Nan Ying International Folklore Festival, Taiwan

by -30 views

Jatinangorku.com – Sudah seharusnya sebagai generasi muda untuk melestarikan budaya Indonesia dan mengaharumkan nama bangsa hingga tingkat Internasional. Demikian halnya dengan 22 mahasiswa Universitas Padjadjaran yang berasal dari Fakultas Teknik Geologi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Fakultas Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Pertanian dan Fakultas Psikologi  yang tergabung dalam organisasi Padjadjaran Seni dan Tari (PASIR PUTIH) Unpad.

Pasir Putih Unpad adalah sebuah komunitas bentukan CIOFF dimana merupakan lembaga kerjasama kebudayaan dunia dibawah naungan UNESCO. Kami kembali menjadi delegasi Indonesia pada Nan Ying International Folklore Festival, Taiwan yang diselenggarakan pada tanggal 3 hingga 15 Oktober 2014 mendatang , setelah sebelumnya telah mengikuti festival kebudayaan dunia di Turkey pada tahun 2012 dan Polandia pada tahun 2013.

Menjelang keberangkatannya, Pasir Putih Unpad mengadakan pentas pamit yang akan dilaksanakan pada tanggal 20 September 2014 di Gedung Teater Indoor Dago Tea House, Bandung. Pentas pamit diselenggarakan sebagai pelepasan tim Pasir Putih Unpad secara resmi dan untuk menunjukkan tarian serta musik yang telah dilatih sebagai bukti hasil latihan selama kurang lebih lima bulan. Adapun tarian yang akan dibawakan antara lain Tari Nandak Ganjen (DKI Jakarta), Tari Greget Jawara (DKI Jakarta), Tari Tifa (Papua), Tari Piring (Sumatera Barat), Tari Enggang (Kalimantan Timur), Tari Balian Bawo (Kalimantan Tengah), Tari Mandau (Kalimantan Tengah), dan Tari Saman (Aceh).

Mengusung “Joy of togetherness with Indonesia culture towards Taiwan” Pasir Putih Unpad berharap kelak dapat berbagi kekayaan budaya Indonesia di dunia Internasional sehingga dapat dirasakan oleh peserta festival yang berasal dari berbagai negara lainnya. Jika bukan kita yang bangga akan budaya Indonesia, lalu siapa lagi? Oleh karena itu, Pasir Putih Unpad bertekad untuk dapat mengharumkan nama Indonesia melalui kegiatan misi budaya ini.