PDAM Sumedang Melakukan Perluasan Jaringan Pipa

by -100 views

PDAM Sumedang Melakukan Perluasan Jaringan Pipa

PDAM Tirta Medal Sumedang memperluas jaringan pipa untuk menambah serta meningkatkan pelayanan kepada pelanggannya. Perluasan jaringan pipa PDAM itu, hasil bantuan penyertaan modal tahun 2014 dari Pemkab Sumedang senilai Rp 2,4 miliar.

“Alhamdulillah, dengan bantuan penyertaan modal itu, kami bisa memperluas jaringan pipa serta meningkatkan kualitas pelayanan distribusi air bersih kepada para pelanggan di beberapa tempat,” kata Direktur PDAM Tirta Medal, Ai Warsih didampingi Kabag Humas, Hamid Ahmad ketika ditemui di kantornya, Senin (16/6/2014).

Menurut dia, penyertaan modal senilai Rp 2,4 miliar itu, diantaranya dialokasikan untuk memperluas jaringan pipa sampai ke wilayah Kec. Tomo untuk pelanggan sebanyak 802 pelanggan.

Selain itu, wilayah Kec. Situraja 198 pelanggan dan Kec. Cisitu sebanyak 3.000 pelanggan. Untuk distribusi air bersih ke wilayah Tomo dan Situraja sudah berlangsung lama.

“Hanya saja, untuk pendistribusian air ke Cisitu, sampai sekarang belum dilakukan karena masih uji coba. Namun, sebelum lebaran, semua pelanggan sebanyak 3.000 orang akan menikmati air bersih. Dengan perluasan jaringan dari bantuan penyertaan modal tersebut, jumlah pelanggannya bertambah. Dari asalnya sekitar 25.000 pelanggan, sekarang bertambah menjadi 26.840,” kata Ai.

Selain perluasan jaringan, kata dia, penyertaan modal itu pun dipakai untuk meningkatkan kualitas pelayanan air bersih di rumah pelanggan. Seperti halnya di Kec. Paseh. Dari asalnya distribusi air bersih hanya 2 liter per detik, bertambah menjadi 10 liter per detik.

“Di daerah Cimalaka. Dari asalnya kami hanya bisa mendistribusikan air bersih 8 jam, kini sudah mampu 24 jam. Sementara di Perum Tanjungsari Permai, ada tambahan pelanggan baru sebanyak 500 pelanggan,” kata Ai

Sumber : http://www.pikiran-rakyat.com/