PDAM Sumedang Segera Beroperasi, Warga Khawatir Debit Air Sungai Cimande Menyusut

by -111 views

Warga Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimangung, Kabupaten Sumedang yang sebagian besar memanfaatkan air dari debit Sungai Cimande khawatir dengan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) KabupatenSumedang, Cabang Cimanggung yang sebentar lagi akan beroperasi.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun Tribun, PDAMKabupaten Sumedang Cabang Cimanggung tersebut berlokasi di Desa Sindanggalih. PDAM tersebut memanfaatkan debit airSungai Cimande untuk pelayanan kepada masyarakat.

Kepala Desa Cihanjuang, Yuyus Yusuf mengatakan, debit airSungai Cimande setiap hari semakin berkurang. Warga hingga saat ini sebagian besar masih memanfaatkan air dari debit sungai tersebut.

“Jadi warga khawatir kalau debit air Sungai Cimande akan terus menyusut. Karena memang PDAM yang ada di Sindanggalih pakai air dari Sungai Cimande,” kata dia kepada Tribun di kantor desanya, Kamis (20/10).

Yuyus mengatakan, saat ini warga memang masih belum merasakan penyusutan debit air Sungai Cimande secra signifikan. Pasalnya, masih ada hujan. Namun warga khawatir jika musim kemarau, denit air akan berkurang signifikan.

“Kekhawatiran warga memang beralasan. Kalau musim kemarauair dari Sungai Cimande disedot untuk kepentingan komersial pasti nanti akan menyusut drastis, bisa-bisa kemarau,” kata dia