Pelatih Persib Sambut Wacana Pengurangan Pemain Asing

by -24 views

Pelatih Persib Sambut Wacana Pengurangan Pemain Asing

Jatinangorku.com – Wacana pengurangan kuota pemain asing kembali menyeruak. Musim depan, setiap klub yang berlaga di Liga Super Indonesia (LSI) kabarnya hanya bisa menggunakan jasa tiga pemain impor.

Beberapa musim ini, setiap klub boleh mengontrak dan memainkan lima pemain asing yang terdiri dari dua pemain Asia dan tiga non-Asia. Para peserta LSI pun mayoritas mengontrak lima pemain asing sesuai dengan kuota.

Pelatih Persib Bandung Djadjang Nurdjaman menyambut baik pengurangan kuota pemain asing di musim depan. “Kuota tiga pemain asing, menurut saya, ini hal yang positif,” katanya kepada wartawan di Mes Persib, akhir pekan lalu.

Ia menuturkan, dengan dikuranginya jatah pemain asing, pemain-pemain lokal akan punya kesempatan lebih. Ini juga menurutnya akan memacu pemain lokal untuk mengasah kemampuannya. “Dan nantinya akan muncul pemain-pemain yang berkualitas untuk tim nasional,” ujar pelatih yang akrab dipanggil Djanur ini.

Djanur mencontohkan posisi yang selama ini didominasi pemain asing akan ditempati pemain lokal. “Untuk bek tengah misalnya, biasanya dua bek tengah itu pemain asing,” tutur Djanur.

Persib dan Persipura Jayapura adalah contoh tim yang memakai dua bek tengah asing. Di Persib ada Abanda Herman dan Naser Al Sebai sementara di Persipura ada Otavio Dutra serta Bio Paulin. Dengan hanya tiga pemain asing, satu pemain bek tengah akan diisi oleh pemain lokal. Jam terbang yang diberikan kepada pemain lokal dapat mengasah kemampuannya.

Begitu juga dengan pemain di posisi penyerang. Posisi striker di setiap klub rata-rata dihuni pemain impor. Regulasi tiga pemain asing bisa dimanfaatkan striker dalam negeri untuk unjuk gigi. “Dengan demikian, bisa bermunculan pemain-pemain bagus,” ucap mantan pemain Persib era perserikatan ini

Sumber : http://id.berita.yahoo.com