Pembangunan Tol Cigatas jadi Perbincangan Hangat Warga Tasik

by -52 views

 

Pembangunan Tol Cileunyi-Garut-Tasik (Cigatas) yang rencananya akan secepatnya dilaksanakan, saat ini tengah jadi perbincangan hangat. Terlebih usai kemacetan panjang yang terjadi pada arus mudik dan balik 2016 saat ini. Dimana jalur selatan Jawa Barat melalui Gentong dan Singaparna sempat macet parah bahkan laju kendraan hingga tak bergerak.

Diharapkan dengan dibangunnya tol Cigatas bisa menjadi solusi untuk mengurai kemacetan di jalur Selatan Jawa Barat. Apalagi ada rencana tol Cigatas ini akan dibangun sampai Banjar. Kemudian disambung ke Cilacap sampai ke Yogyakarta.

Bupati Tasikmalaya, H. Uu Ruzhanul Ulum mengatakan Pada proyek tersebut, sebelumnya direncanakan pembangunan tol Citas (Cileunyi-Tasikmalaya) dengan ujung tol berada di Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya.

“Informasi terbaru yang kami dapat tol Cigatas ini akan terus dibangun sampai ke Banjar,” kata Uu, Selasa (12/7/2016) saat ditemui di Setda Kabupaten Tasikmalaya.

Melihat rencana tersebut, lanjut Uu, Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya akan melayangkan surat ke Dirjen Binamarga. Isinya pemerintah meminta agar exit tol Cigatas itu ada di Tasikmalaya.

Sebab, kata Uu, Alasan pintu exit di Tasikmalaya karena pihaknya tidak mau Kabupaten Tasikmalaya hanya menjadi lintasan saja sebagaimana yang dialami oleh Kabupaten Purwakarta.

“Dengan adanya tol ini, jarak tempuh tentu juga akan relatif lebih cepat,”katanya.

Bupati Uu, mengaku sepakat dengan rencana pembangunan Tol Cigatas. Terlebih hari ini volume kendaraan yang melintas di jalur utama maupun alternatif di Jawa Barat selatan kerap membludak dan terjadi kemacetan parah.