Pembangunan Waduk Jatigede dan Tol Cisumdawu, Sumedang Kehilangan Produksi Padi 20.000 Ton

by -19 views

Pembangunan Waduk Jatigede dan Tol Cisumdawu, Sumedang Kehilangan Produksi Padi 20.000 Ton

Jatinangorku.com – Dampak Pembangunan Waduk Jatigede dan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) diprediksikan lebih dari 20.000 ton produksi gabah/tahun di Kabupaten Sumedang bakal hilang.

Indikasi itu menyusul sekitar, 1.600 hektar sawah yang berada disekitar waduk tersebut turut tergenang, serta sekitar 4.000 hektar sawah terserep pembangunan jalan tol.

“Dengan asumsi, setiap musim panen satu hektar sawah menghasilkan gabah minimal 5 ton, dikali dua masa tanam, maka produksi gabah yang hilang sedikitnya bisa mencapai 20.000 ton. Jika tidak segera diupayakan merealiasikan lahan pengganti (sawah yang tergenang-red), maka kehilangan produksi gabah sebanyak itu, tidak bisa dihindarkan lagi,” kata Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kab.Sumedang, Ir.Yosep Suhayat MM, kepada “GM”, Minggu (11/5/14).

Untuk mengantisifasi penurunan produksi padi, maka dipandang perlu harus ada lahan pengganti. Lahan pengganti itu bisa dilakukan melalui program pencetakan sawah baru. “Sedangkan upaya lainnya, bisa dengan mengintensifkan indek penanaman,” tandasnya.

Sumber : http://www.klik-galamedia.com/