Pembebasan Lahan Tol Cisumdawu Agar Ditingkatkan

by -31 views
Pembebasan Lahan Tol Cisumdawu Agar Ditingkatkan
Pembebasan Lahan Tol Cisumdawu Agar Ditingkatkan

Pembebasan Lahan Tol Cisumdawu Agar Ditingkatkan – Masalah pembebasan lahan masih menjadi kendala utama dalam pembangunan tol Cisumdawu. Pembebasan lahan Tol Cisumdawu agar ditingkatkan untuk percepatan pembangunan infrastruktur.

Demikian disampaikan Ketua Tim Komisi V DPR RI, Neng Eem Marhamah Zulfa, pada Kunjungan Kerja (Kunker) Spesifik ke Provinsi Jawa Barat. Salah satunya meninjau langsung proyek Tol Cisundawu di Area I-C Cileunyi Kab. Bandung.

Pada sesi dialog dengan Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) DKI Jakarta – Jawa Barat, Hari Suko Setiono, Anggota BPJT unsur Asosiasi/Profesi, Koentjahjo Pamboedi, Direktur Operasi Jasa Marga, Fitri Wiyanti, dan Direktur Teknik PT. Citra Karya Jabar Tol, Bagus Medi, terungkap berbagai kendala pembangunan.

“Masalah pembebasan lahan masih menjadi kendala utama dalam pembangunan tol Cisumdawu yang terdiri dari 6 seksi dengan panjang 61,7 km. Seperti pemberkasan data yang masih belum lengkap,” ujar Neng Eem Marhamah Zulfa, dalam sesi dialog bertempat di Hotel

Khatulistiwa Jatinangor, Kab. Sumedang.

 

Baca Juga :  8 Orang Komplotan Pencuri CV Mega Jaya Abadi di Jatinangor Ditangkap Polisi, Korban Menderita Kerugian hingga Rp1,4 Miliar

 

Dikatakan Neng Eem Marhamah Zulfa, koordinasi berbagai stakeholder, pemerintah pusat, pemerintah daerah, swasta, dan tokoh masyarakat perlu ditingkatkan. Hal ini untuk menyelesaikan permasalahan pembebasan lahan Tol Cisumdawu sekaligus percepatan pembangunan infrastruktur.

Dari hasil peninjauan langsung ke lapangan, progres konstruksi dan lahan seksi Cileunyi – Rancakalong 65,10% dan 93% (11,45 km), Rancakalong – Sumedang 88,09% dan 95,64% (17,05 km).

Sementara Sumedang – Cimalaka 100% (4,05 km), Cimalaka – Legok belum mulai dan 11,60% (8,2 km), Legok – Ujung Jaya belum mulai dan 18,48% (14,9 km), dan Ujung Jaya – Dawuan 5,01% dan 87,55% (6,07 km). (adi hermanto)

 

 

Sumber : https://portalbandungtimur.pikiran-rakyat.com/