Pembentukan KSU Koriber Diapresiasi Bupati Sumedang

by -84 views

Pembentukan KSU Koriber Diapresiasi Bupati SumedangPEMERINTAH Kabupaten Sumedang, mengapreasiasi pembentukan Koperasi Serba Usaha (KSU) Rido Berkas Bersama (Koriber) yang digagas sejumlah mantan purna bhaktinya.

Apresiasi itu, disampaikan Bupati Eka Setiawan, usai mendengarkan penjelasan program kerja dan bidang garapan yang dipaparkan oleh pengurus koperasi tersebut, bertempat di Gedung Negara, Kamis (19/10/2017).

“Saat ini, kami melihat banyak potensi di daerah, yang belum tergarap secara optimal. Karena itu, melalui Koperasi yang kami dirikan ini, kami berupaya menangkap potensi itu, sebagai peluang usaha yang memiliki prosfek bagus,” kata Ketua Umum Koriber, Dedi Rushayadi.

Melalui pendekatan potensi yang ada di daerah, maka Koperasi yang didirikannya itu, mencakup kegiatan bidang usaha peternakan, perikanan, perkebunan dan pertanian.

Selain itu, jika koperasi yang bergerak dibidang tersebut sudah banyak. Namun begitu, dia optimis, dengan system pengelolaa dan manajerial yang baik, Koperasi yang dirikannya akan berkembang dan mampu mensejahterakan anggotanya.

“Karena system yang kami bangun, tidak hanya sekedar meningkatkan produksi. Namun, kami sudah membuat terobosan yang mengakses pasar. Sebab kami sangat menyadari betul, keberhasilan suatu usaha itu, ditentukan dari sejauh mana, dapat menguasai pasar,” katanya.

Meski demikian, pihaknya masih terbentur masalah modal, untuk mengembangkan kegiatan usahanya.

“Potensi lahan untuk pengembangan usaha dan SDM (sumber daya manusia) yang ada, sudah memadai. Kecuali itu, kami masih terkendala modal untuk mengembangkan usaha. Karena itu, pada kesempatan ini, kami mohon petunjuk dari Bapak Bupati,” cetusnya.

Menanggapi hal tersebut, Eka berjanji akan memfasilitasinya dengan sejumlah lembaga keuangan, termasuk dengan perbankkan.

Tidak hanya itu, kegiatan bidang usaha koperasi itu, akan diintegrasikan dengan program yang ada di SKPD (satuan kerja perangkat daerah) terkait. Misalnya, dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Dinas Peternakan dan Perikanan.

“Mudah-mudahan dengan semangat, untuk mengoptimalkan potensi yang ada di daerah, serta menyejahterakan anggota, koperasi ini, bisa berkembang dengan baik. Saya turut optimis,” tandasnya.

Sumber : http://www.galamedianews.com