Pemdes Hegarmanah Latih Kader PKK Mandiri

by -41 views

Pemdes Hegarmanah Latih Kader PKK Mandiri

Jatinangorku.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Hegarmanah menggelar pelatihan dan rapat koordinasi (rakor) kader-kader PKK yang berlangsung di aula Desa Hegarmanah, Kecamatan Jatinangor, Jln. Ir. Soekarno, Jumat (22/8). Kegiatan itu dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas kelembagaan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK).

Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan SDM Desa Hegarmanah, Drs. Tedy Sidiq Mulyana, M.Ba., M.Si. mengatakan, pelatihan ini untuk memberdayakan keluarga agar meningkatkan kesejahteraan mereka.

“Dengan pelatihan ini mudah-mudahan terwujud keluarga yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat sejahtera, maju, serta mandiri. Selain itu, kesetaraan dan keadilan gender dan kesadaran hukum maupun lingkungannya,” kata Tedy kepada wartawan di sela-sela acara pelatihan, Jumat (22/8).

Menurutnya, PKK desa ini harus bisa menggerakkan masyarakat agar mau melaksanakan program PKK sesuai fungsinya.

“Fungsi PPK desa yaitu sebagai penyuluh, motivator, dan penggerak, bisa juga sebagai fasilitator. Di sisi lain, bisa juga sebagai perencana, pelaksana, pengendali, pembina, dan pembimbing Gerakan PKK,” paparnya.

Upaya pemberdayaa PKK, lanjutnya, secara umum tergambar dalam 10 program PKK, yakni penghayatan dan pengamalan Pancasila, gotong royong, pangan, sandang, perumahan dan tata laksana rumag tangga, pendidikan dan keterampilan, kesehatan, pengembangan kehidupan berkoperasi, kelestarian lingkungan hidup, serta perencanaan sehat.

“Peran PKK terlibat langsung dalam upaya pendidikan nonformal. Kadernya bisa menjadi SDM dalam pemberdayaan ekonomi keluarga. Pengurus dan kader terlibat langsung dalam pelayanan kesehatan,” ujarnya.

Selain itu, tambahnya, PKK bisa berperan dalam bidang ketahanan pangan dan tata laksana rumah tangga, seperti pembentukan kelompok wanita tani, kampanye dan praktik pemanfaatkan lahan pekarangan. Kemudian berperan dalam pengelolaan dan pelestarian lingkungan hidup.

Mandiri

Sementara Ketua PKK Kec. Jatinangor, Iis Aan Dahlan berharap, para kader PKK akan lebih mandiri dan menjadi pemberdaya ekonomi keluarga.

“Saya ‘kan baru empat bulan bertugas di kecamatan. Sebelumnya saya bertugas di Kecamatan Cimanggung. Dengan pelatihan, program UP2K, pengembangan kehidupan berkoperasi, penyuluhan gerakan sadar menabung, dan pelayanan kesehatan, seperti posyandu akan kembali aktif,” kata Iis.

Kader PKK RW 05, Suci (45) mengusulkan kepada Kabid SDM untuk mengadakan pelatihan keterampilan.

“Khususnya RW 5 kami akan membuat kelompok tani dan mengusulkan kursus keahlian, seperti menjahit dan penanaman sayuran hidriponik,” ucap Suci.

Pelatihan dihadiri pula oleh Kabid Kelembagaan dan SDM BPMPD, Drs. Toto Sulaeman, S.Sos.

Sumber : http://www.klik-galamedia.com/