Pemerintah Harus Berikan Sanksi Tegas Pada ASN Nakal

by -12 views

 

‎Pemerintah diminta untuk memberikan sanksi tegas kepada para Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Aparatur Sipil negara (ASN) yang nakal. Sesuai aturan, mereka wajib mulai bekerja pada Senin (11/7/2016) usai libur panjang lebaran 2016.

Ketua Komisi I DPRD Jabar, Syahrir menuturkan, Idulfitri yang cukup lama harus mampu meningkatkan kinerja mereka dalam melayani masyarakat. Oleh sebab itu seluruh ASN wajib hadir pada hari pertama kerja setelah Lebaran ini.

“Besok Senin harus masuk seperti biasa, melakukan kegiatan-kegiatan untuk melayani masyarakat,” kata Syahrir kepada wartawan, Minggu (10/7/2016).

Dia menuturkan, ‎pada hari pertama para ASN tidak diperkenankan mengambil cuti sehingga tidak ada alasan untuk tidak ngantor. “Kecuali yang sakit. Itu pun harus ada keterangan dokter, jangan pura-pura sakit,” tegasnya seraya menambahkan kondisi lalu lintas arus balik pun bukan alasan untuk tidak masuk kerja.

Oleh karena itu, Syahrir meminta pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota melakukan pengawasan ketat terhadap kehadiran ASN. Menurutnya, kepala daerah dan pejabat lainnya harus melakukan inspeksi mendadak untuk memastikan kepatuhan mereka.

“Saya berharap ASN di Pemprov bisa menyesuaikan dengan aturan yang sudah ditetapkan. Besok masuk, enggak ada cuti,” tegasnya.

Syahrir pun meminta adanya sanksi bagi ASN yang bolos kerja pada hari pertama ini. “Kepala OPD bisa memberi sanksi ke yang belum masuk, biar ada efek jera,” katanya