Pemerintah Kaji Darurat Pangan Bagi Warga OTD Jatigede

by -22 views

Pemerintah Kabupaten Sumedang tengah mengkaji keadaan darurat pangan, bagi ribuan warga OTD (orang terkena dampak) pembangunan Waduk Jatigede. Hal itu, menyusul masa jaminan hidup (jadup) yang ditanggung pemerintah selama 6 bulan, sejak dilakukan awal penggenangan pada 31 Agustus tahun lalu, sudah berakhir.

“Saat ini, kami tengah melakukan kajian lapangan, untuk memastikan intervensi seperti apa yang bisa diberikan kepada mereka (warga OTD) yang kini bermukim secara tersebar di sejumlah tempat,” kata Wakil Bupati Sumedang, H.Eka Setiawan, di Gedung Negara, Rabu (16/3/2016).

Pasca berakhirnya pemberian jadup, pihaknya banyak menerima masukan dari pemberitaan media massa yang menggambarkan, banyak warga OTD yang tinggal di tempat relokasi mengalami kesulitan ekonomi. Merespon pemberitaan itu, tim gabungan dari intansi terkait, seperti Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Kantor Ketahanan Pangan dan Bagian Kesejahteraan Sosial, sudah diterjunkan ke sejumlah lokasi sebaran OTD.

Langkah itu dilakukan untuk memastikan kondisi sebenarnya yang terjadi dilapangan. Diharapkan data yang nanti dilaporkan tim tersebut, benar-benar konkret.

“Saya sudah minta laporannya secara detail dan data yang konkret. Oleh sebab itu, tim tersebut harus bekerja dengan baik dan bertanggung jawab atas data yang didapat dilapangan,” katanya