Pemerintah Sediakan 5.000 Beasiswa ke Luar Negeri di 2016

by -16 views

Jatinangorku.com – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) bekerja sama ?dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dan Badan Layanan Umum (BLU) telah menyediakan 5.000 beasiswa gratis di dalam maupun luar negeri pada periode 2016. Jumlah ini naik sekitar 1.000 beasiswa dari tahun-tahun sebelumnya yang sebanyak 4.000 orang.

Direktur Utama LPDP, Eko Prasetyo dalam acara Welcoming Alumni LPDP 2016 mengungkapkan, LPDP akan merekrut 5.000 penerima beasiswa gratis untuk belajar di perguruan tinggi nasional maupun internasional di luar negeri pada tahun ini. Adapun jenjang pendidikannya mulai dari Strata 1 (S1) sampai S3.

“Kami juga memberikan beasiswa afirmasi untuk daerah 3T yakni terluar, terdepan dan tertinggal setiap tahun, serta anak-anak berprestasi akademik tapi memiliki keterbatasan ekonomi. Juga memiliki prestasi nasional dan internasional baik akademik maupun non akademik sebanyak 30 persen dari keseluruhan penerima beasiswa,” terangnya di Hotel Borobudur, Jakarta, Senin (1/2/2016) malam.

Ia mengatakan, saat ini jumlah beasiswa afirmasi sebanyak 1.647 orang, yang mencakup penerima beasiswa asal ?Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Papua, Papua Barat dan Aceh. Sementara basis penerima beasiswa yang diberangkatkan setiap tahun mencapai 4.000 orang.

Di awal 2016 ini, Eko menyebut, LPDP telah mempunyai alumni sebanyak 538 orang. Sebanyak 104 orang berhasil menyelesaikan studi di 2014 dan 434 orang di tahun lalu. ?Ini merupakan gelombang kepulangan alumni kedua. Para alumnus tersebut, lanjut Eko, telah menyelesaikan studi di jurusan science, engineering, kedokteran dan kesehatan, ilmu bidang sosial dan sebagainya.

“Sebanyak 363 orang penerima beasiswa lulusan perguruan tinggi luar negeri, seperti Harvard University, Australia Nasional University, University College London, dan sebagainya. Sisanya lulusan Institut Teknologi Bandung, ?University Indonesia, Universitas Gadjah Mada dan lainnya,” terangnya.

Sumber : http://warta.sumedang.info/